Wakil Ketua Komisi IV: Rehabilitasi Fungsi Hutan Itu Wajib

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron mengatakan bahwa banjir bandang yang terjadi di Garut bukan hanya musibah saat ini. Tapi menurut Herman sejak tahun 1909 sebetulnya peringatan lokasi banjir sudah ada.

Banjir Bandang Rusak Jembatan di Garut, Warga Sekampung Terisolir

"Pemerintah Belanda waktu itu sudah mengingatkan potensi ketika itu akan banjir, bahkan sudah terjadi banjir. 1970 yang memerintahkan Solihin GP pernah menanam pohon yang mana dulu Garut ahli fungsi kawasan tersebut sangat kuat. Hutan lindung yang dulu jadi penyangga sekarang berubah fungsi," ujarnya di Senayan, Rabu 5 Oktober 2016.

Herman menilai, kerusakan bukan terjadi di hulu sungai Cimanuk. Tapi ada di lima sub sungai Cimanuk.

2 Nelayan Ditemukan Selamat Usai Terseret Banjir Bandang Garut Selatan

"Kita prihatin atas kejadian itu. Kemarin kami Komisi IV rapat respon masalah itu, penertiban yang menjadi daerah penyangga," ujar politisi Demokrat ini.

Herman menegaskan, rehabilitasi fungsi hutan itu wajib, terkait persoalan pembangunan rusun sudah ada yang lama namun tidak dihuni.

Jokowi Tugaskan Menteri Teten Datangi Garut

"Kalau PUPR hanya konsentrasi normalisasi tidak akan mampu memberikan solusi permasalahan ini. Bahkan pada waktu 2011 curah hujan tinggi mengakibatkan banyak jembatan di Sumedang ambruk, arus air yang begitu deras," ujarnya.  (webtorial)

VIVA Militer: Pangdam III/Siliwangi Kabupaten Garut pasca bencana banjir bandang

Paten, Gerak Cepat Jenderal Kopassus Terobos Wilayah Bencana di Garut

Sembilan desa di dua kecamatan, Kabupaten Garut, diterjang banjir bandang.

img_title
VIVA.co.id
2 Desember 2021