Garuda Indonesia Resmi Terbangi Langit Mumbai

Pesawat Garuda Indonesia.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Maskapai nasional Garuda Indonesia pada hari ini, Senin 12 Desember 2016, resmi melayani penerbangan Jakarta-Mumbai (via Bangkok) dengan menggunakan pesawat jenis Boeing 737-800 NG yang berkapasitas 156 tempat duduk.

Bos InJourney Airports 'Curhat' Kendala di Industri Aviasi

”Wisatawan India yang datang ke Indonesia pada 2015 mencapai 270 ribu orang, dan pada akhir 2016 ini telah mencapai 350 ribu orang. Dengan jumlah wisatawan India yang terus meningkat di setiap tahunnya, kami yakin Mumbai merupakan pasar yang prospektif bagi kami,” kata Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, M. Arif Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Senin 12 Desember 2016. 

Penerbangan Jakarta-Mumbai tersebut merupakan salah satu wujud dari program pengembangan jaringan (network) penerbangan Garuda Indonesia di kawasan Asia, khususnya Asia bagian selatan (Mumbai).

Kemnaker Apresiasi Kerja Sama Industri Penerbangan Indonesia-Tiongkok

Kota Mumbai merupakan salah satu pusat perekonomian terpadat di India, dengan potensi pasar penerbangan yang menjanjikan, khususnya melalui basis perekonomian yang kuat serta berbagai pilihan konektivitas layanan penerbangan ke destinasi strategis di kota-kota besar di India. 

Dibukanya layanan penerbangan Jakarta-Mumbai tersebut juga sejaIan dengan program pemerintah yang menargetkan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara, khususnya India, mengingat eratnya hubungan budaya dan sejarah antara kedua negara. 

Menhub Optimistis Industri Penerbangan Segera Bangkit

Arif menambahkan, dengan dilayaninya penerbangan Jakarta-Mumbai tersebut diharapkan dapat memperkuat konektivitas penerbangan antara Indonesia dan India, sehingga pengguna jasa dapat leluasa memilih beragam pilihan layanan penerbangan ke beberapa kota besar di Indonesia, khususnya ke Jakarta, Denpasar, Surabaya, dan Medan.

”Kini masyarakat di India dapat dengan mudah untuk mengakses penerbangan ke Indonesia melalui kota Jakarta, dengan waktu transit yang begitu singkat di Bangkok." tuturnya. 

Apalagi, Bandara lnternasionai Mumbai Chhatrapati Shivaji International Airport (CSIA) merupakan salah satu bandara dengan tingkat trafik penerbangan tertinggi di India.

Dengan kapasitas penumpang yang mencapai lebih dari 32 juta penumpang setiap tahunnya, Chhatrapati Shivaii International Airport melayani Iebih dari 90 destinasi penerbangan di seluruh dunia." 

Penerbangan Jakarta-Mumbai tersebut akan dilayani tiga kali dalam setiap pekannya dengan menggunakan GA 862 yang berangkat dari Jakarta pada pukul 05.55 WlB dan tiba dI Bangkok pada pukul 09.25 LT. Lalu akan berangkat kembali dari Bangkok menuju Mumbai pada pukul 10.20 LT dan akan tiba di Mumbai pada pukul15.00 LT. 

Selain India, Garuda Indonesia telah melayani penerbangan dari Jakarta ke berbagai negara di kawasan Asia lainnya, di antaranya ke Singapura, Malaysia (Kuala Lumpur), Thailand (Bangkok), China (Beijing, Guangzhou, Shanghai), Korea Selatan (Seoul), Jepang (Tokyo, Osaka), dan Arab Saudi (Jeddah, Madinah).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya