Bos InJourney Airports 'Curhat' Kendala di Industri Aviasi

Ilustrasi pantauan penerbangan dari ATC.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Jakarta – Direktur Utama Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports, Faik Fahmi, mencurahkan isi hatinya soal beragam masalah serta berbagai tantangan di industri aviasi yang dihadapi saat ini.

17 Bandara Dicabut Status Internasionalnya kerena Kondisinya Begini

Masalah-masalah tersebut antara lain seperti bandara yang belum terintegrasi, ketidakseimbangan trafik, rendahnya utilisasi, operasional pesawat yang kurang optimal, bandara kecil yang underutilized, serta transit overflying belum optimal.

Selain itu, ada pula masalah investasi yang tak seimbang, kondisi keuangan, penyertaan modal atau capex yang tinggi, pola kelola, koordinasi ekosistem yang kompleks, serta pesawat yang terbatas. 

Usai Keributan Avsec dengan Penumpang, AP II Bandara Soetta Minta Penumpang Perhatikan Barang Bawaan

"Karena itu, InJourney Airports hadir untuk menjawab tantangan tersebut dengan menjalankan misi utama," kata Faik dalam 'Media Gathering: Kupas Tuntas Bersama InJourney Airports' di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa, 2 April 2024.

Petugas melakukan uji kelistrikan di bandara soekarno-hatta tangerang

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)
5 Bandara Masih Ditutup Terdampak Erupsi Gunung Ruang, Ini Daftarnya

Dia menjelaskan, misi utama yang dimaksudnya itu yakni meningkatkan konektivitas udara, mendukung pertumbuhan pariwisata Indonesia, memperbaiki kinerja keuangan bandara, serta meningkatkan cakupan serta kecepatan logistik udara dan memperbaiki customer service. 

InJourney Airports mengelola 35 bandara yang mencakup wilayah Barat hingga Timur Indonesia. Dengan jumlah bandara itu, InJourney Airports melayani 615 rute domestik dan 192 rute internasional, dengan setidaknya memiliki kapasitas bandara mencapai 217 juta penumpang

Dengan kekuatan 35 bandara yang dikelola perusahaan, InJourney Airports dapat dibilang menjadi wajah bangsa Indonesia. Berdasarkan data statistik Angkutan Udara pada 2019, bandara-bandara InJourney Airports melayani sekitar 170,45 juta penumpang atau 88,5 persen dari total trafik penumpang di seluruh bandara di Indonesia. 

Melalui tantangan serta solusi yang diberikan, lanjut Faik, InJourney Airports diharapkan dapat memberikan manfaat maksimal bagi seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah, masyarakat, maupun ekosistem Grup InJourney. 

Bagi pemerintah, InJourney Airports dapat meningkatkan kontribusi pendapatan negara melalui dividen serta mendukung capaian visi “10 Bali Baru”. Sedangkan bagi masyarakat, InJourney Airports tentu dapat menjadi sarana konektivitas domestik dan internasional, memberikan experience kepada penumpang, serta berkontribusi meningkatkan cakupan dan kecepatan kargo. 

Bagi ekosistem, InJourney Airports dapat mencapai skala global yakni sebagai nomor 5 operator bandara terbesar dunia pada 2023 dan nomor 2 terbesar pada 2045, meningkatkan profitabilitas, sumber dan posisi keuangan terintegrasi, serta kolaborasi efisien dalam ekosistem aviasi. 

"Karena itu, kami hadir untuk menjawab tantangan industri aviasi Indonesia dan mendukung pertumbuhan sektor pariwisata, pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan kualitas layanan publik yang menjadi manfaat substansial bagi Indonesia," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya