Wujud Boneka Salju Terkecil di Dunia, Lebih Mini dari Rambut

Boneka salju terkecil di dunia
Sumber :
  • www.techtimes.com/NanoFab/Western University

VIVA.co.id – Peneliti Kanada, Todd Simpson menciptakan boneka salju termini di dunia. Peneliti tersebut mengklaim ukuran mikroskopis dari boneka salju dibuat, lebih kecil dari ukuran rambut. 

Temuan Semprotan Hidung Pencegah COVID-19, Beri Perlindungan 5 Jam

Jika ukuran rambut diameternya sekitar 50 mikron. Boneka salju yang diciptakan ilmuwan Kanada berukuran kurang dari 3 mikron. 

Simpson yang merupakan peneliti Nanofabrication Facility, Western University, mengatakan bentuk boneka salju mini itu dengan tumpukan bulatan tiga buah dan bagian paling atas. Kepalanya ada bentuk mata, hidung dan mulut. Untuk melihatnya, tentu harus menggunakan mikroskop. 

Hiu Megalodon Ternyata Benar Ada

Simpson mengatakan, tiga bulatan dibuat dari silika kecil. Sementara hidung dan lengan memakai platinum. 

"Tiga bulatan kecil ditumpuk. Kemudian saya meletakkan wajah dan menggunakan fitur anotasi," kata Simpson seperti dilansir Tech Times, Selasa, 27 Desember 2016.

Jangan Terkecoh oleh Jambul Hewan Ini

Simpson menggunakan fitur anotasi dari program perangkat lunak mikroskop untuk menggambar wajah. Lalu menggunakan sinar ion terfokus agar wajah terlihat 'hidup'. Hidung dan lengan yang terbuat dari platinum juga dipasang dengan cara yang sama dengan wajah.

Simpson hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik untuk membuat lengan dan tidak lebih dari tiga detik untuk mengukir hidung.
 

Ilustrasi penelitian.

7 Fakta Sains Menakjubkan di Dunia yang Belum Banyak Terungkap

Ternyata sejauh ini ada banyak fakta sains yang menarik dan bahkan cukup aneh yang telah ditemukan oleh para ilmuwan.

img_title
VIVA.co.id
9 Juni 2022