Tingkat Kebahagiaan Pekerja Indonesia Nomor 2 di Asia

Para pekerja merakit sepeda motor di suatu pabrik di Cikarang, Jawa Barat.
Sumber :
  • REUTERS/Enny Nuraheni

VIVA.co.id – Banyak faktor yang membuat seorang karyawan merasa bahagia dengan pekerjaannya. Bukan hanya gaji yang diterima dan seberapa mereka menikmati akan pekerjaan yang dijalaninya, tapi termasuk juga lingkungan kerja serta rekan kerja.

Enam Tanda Anda Pegawai Bermasalah di Kantor

Situs pencarian kerja Jobstreet.com dan JobsDB.com melakukan survei dengan jumlah responden lebih dari 50.000 orang yang berasal dari Filipina, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Indonesia. Para responden diminta untuk mengukur kebahagiaan mereka terhadap pekerjaan mereka saat ini dari skala 0-10 di mana nilai 0 berarti "sangat tidak bahagia" dan 10 berarti "sangat bahagia".

Dari rilis yang diterima VIVA.co.id yang Rabu, 28 Desember, hasil survei tersebut menunjukkan bahwa pekerja Filipina memiliki tingkat kebahagiaan paling tinggi dengan nilai 6,3. Sementara Indonesia menempati urutan nomor dua dalam tingkat kebahagiaan dengan nilai 6,2. Kemudian diikuti oleh Thailand dengan nilai 5,7, Hong Kong dengan nilai 5,6, Vietnam dengan nilai 5,5, Malaysia dan Singapura dengan nilai 5,1.

Hayo, Hal Sepele Ini yang Buat Anda Sering Menunda Pekerjaan

Ketika diminta untuk mengukur level kebahagiaan mereka dengan kualitas pekerjaan tertentu yang terkait dengan range nilai 5 dari “sangat bahagia” sampai “sangat tidak bahagia”, kesamaan yang jelas terlihat diantara para responden bahwa mereka paling bahagia dengan lokasi kerja, rekan kerja, dan reputasi perusahaan.   

Di sisi lain dari skala tersebut, terdapat juga keseragaman yang mengejutkan akan “kepemimpinan”, “peningkatan karir”, dan “pelatihan” merupakan faktor yang kurang memuaskan akan pekerjaan mereka.

4 Hal yang Dilirik Pencari Kerja Selain Gaji

Beberapa pekerja berpendapat bahwa di samping rekan kerja membuat bekerja lebih menyenangkan dan bernilai, tapi di sisi lain kepemimpinan dan peningkatan karier juga membuat mereka khawatir. Mereka khawatir tidak bisa memajukan negara jika pemimpin tidak menginspirasi dan tidak ada perkembangan yang jelas untuk personal mereka.

Presiden Joko WIdodo

Pekerjaan Unik Para Pemimpin Dunia Sebelum Menjabat

Dari model hingga pramugari.

img_title
VIVA.co.id
19 Februari 2018