Agar Resolusi 2017 Anda Tercapai

Tahun Baru di Car Free Night
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Tahun baru selalu disambut dengan meriah dan penuh dengan harapan baru untuk menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Salah satu 'tradisi' yang banyak dilakukan selama tahun baru adalah membuat resolusi entah tertulis atau diucapkan.

Aktivis Penyebar Isu Larangan Natal di Sumbar Tak Ditahan

Dilansir laman Besthealthmag.ca, menurut Laura Berman Fortgang, penulis buku Living Your Best Life mengatakan, hanya sedikit yang bisa mempertahankan resolusi tersebut dalam waktu lama.

"Akui saja, meskipun Anda selalu membuatnya setiap tahun, resolusi tahun baru tersebut jarang akan bertahan lama. Kenyatannya, 23 persen dari kita mengingkari resolusi tersebut hanya dalam satu minggu dan 45 persen lain dalam satu bulan," kata Fortgang.

Polisi Tahan Aktivis Penyebar Isu Larangan Natal

Memilih tujuan dengan pendekatan yang tepat adalah kunci sukses sebauh resolusi. Berikut beberapa tips agar resolusi dapat tercapai hingga akhir tahun.

Buat tujuan yang menarik
"Kesalahan terbesar yang kerap dilakukan oleh banyak orang adalah membuat tujuan yang salah," ujar Talane Miedaner, penulis Coach Yourself to Success.

Malam Pergantian Tahun, Volume Sampah Kawasan Malioboro Meningkat

"Jangan pernah membuat capaian yang sudah basi," kata dia. Misalnya ingin mengurangi berat badan, jika selama ini sudah gagal dengan berbagai cara, cobalah dengan sesuatu yang berbeda misalnya mengikuti lari atau maraton atau ikut kompetisi.

Buat Master plan
Tentukan apa yang dibutuhkan untuk meraih tujuan Anda. Misalnya mungkin Anda harus bangun lebih pagi untuk menulis atau menghabiskan satu jam seminggu untuk kegiatan yang Anda sukai.

"Jadikan tujuan tersebut bagian dalam aktivitas sehari-hari Anda," ujar Fortgang.

Lakukan langkah kecil
"Memecah tujuan Anda menjadi bagian-bagian kecil akan membuatnya lebih terkontrol," ujar Christa Wagner, organisator profesional dan pemilik Savvy Solution.

Resolusi yang terlalu besar dan tidak terperinci kadang akan membuat Anda pusing dan cenderung terjadi penundaan untuk mencapai resolusi tersebut.

"Aku memiliki target 10 buku yang akan ditulis. Untuk mencapai target tersebut dalam enam bulan, aku mengurainya menjadi kegiatan sehari-hari," ujar Wagner.

Cari teman semisi
Cari seseorang yang bisa menjadi teman untuk mencapai target Anda. "Anda bisa cari teman yang mempunyai target yang sama agar bisa saling mengontrol satu sama lain," ujar Fortgang.

Pertemanan Sehat ala Dian Sastro mungkin bisa Anda contoh karena mereka terdiri dari orang-orang yang memiliki tujuan sama, hidup sehat.

Pajang
Tempel target Anda di dinding, di handphone, di mana pun agar Anda selalu ingat tujuan-tujuan yang akan Anda capai. Jangan lupa gambarkan bagaimana perasaan Anda jika tujuan tersebut tercapai kelak.

Hadiahi dirihibu sendiri
Berikan penghargaan atau hadiah pada diri sendiri selama berusaha mencapai target. "Aku menghadiahi diriku dengan pedikur setiap bulan dan pijat. Hal itu membuatku tetap semangat," ujar Wagner.

"Berhenti membuat alasan. Kesalahan terbesar yang aku lihat adalah mereka tidak bisa mengandalkan diri sendri. Jadi bangun dan lakukan karena hanya Anda yang bisa memberi perubahan positif pada hidup Anda," kata Wagner.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya