Arti Warna Biru pada Huruf U di Logo Unilever

unilever hq
Sumber :
  • urbika.com

VIVA.co.id – Unilever merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi kebutuhan sehari-hari dari berbagai merek. Logo Unilever didesain menggunakan elemen gambar kecil-kecil yang mewakili konsep ratusan brand produk Unilever. Keseluruhan gambar kecil-kecil itu membentuk huruf 'U'.

Produksi Unilever berupa susu, makanan, minuman, pembersih produk rumah tangga, produk kosmetik, dan produk kebutuhan sehari-hari lainnya. Bermarkas di Rotterdam, Belanda, perusahaan ini didirikan pada 1930, oleh penggabungan British Soapmaker Lever Brothers dan Belanda Margarin Unie.

Unilever Indonesia sendiri didirikan pada 5 Desember 1933, sebagai Zeepfabrieken N.V. Lever. Namun, pada 22 Juli 1980, nama perusahaan diubah menjadi PT Lever Brothers Indonesia, kemudian pada 30 Juni 1997, berubah menjadi PT Unilever Indonesia Tbk.

Unilever memiliki bentuk logo yang sederhana. Namun, dalam logo yang berbentuk huruf U tersebut di dalamnya terkandung banyak elemen unsur yang memiliki masing-masing makna berbeda.

Dalam logo Unilever terdiri dari berbagai unsur di antaranya mangkuk, tetesan, atau air, hati, bibir, matahari, tangan, bunga, tumbuhan, wadah penyimpan, partikel, es krim, lebah, rambut, saus, atau selai, ikan, pakaian, daun teh, kilauan seperti cahaya, pohon palem, DNA, sendok, ombak, daur ulang, hingga burung.

Lambang matahari yang menjadi simbol utama sebagai konsep dasar brand Unilever. Mangkuk yang berarti makanan siap saji, atau minuman panas. Hati yang merupakan simbol cinta berarti perhatian, atau perawatan kesehatan. 

Lalu, bibir yang menjadi simbol bagian dari wajah dan terkait dengan dunia kecantikan, penampilan yang memiliki citarasa. Kemudian, ada tangan yang mempunyai arti kebutuhan, atau sentuhan pemeliharaan. 

Selanjutnya, gambar bunga yang melambangkan harum, atau wewangian, tumbuhan yang melambangkan sumber alami. Pakaian melambangkan cucian yang bersih dan penampilan yang menarik. Rambut yang berarti kecantikan penampilan. Bumbu dapur melambangkan rasa penambah rasa. 

Sementara itu, simbol sendok mengartikan citarasa dalam memasak, ombak yang berarti kesegaran dan tenaga. Daur ulang yang merupakan komitmen Unilever dalam menjaga kelangsungan hidup lingkungan. Dan, burung yang berarti kebebasan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya