Tips Jitu Atasi Rambut Berminyak yang Mengganggu

Ilustrasi rambut.
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA.co.id – Rambut sehat merupakan idaman setiap orang. Namun, bagaimana jika rambut Anda lepek dan berminyak?

Mitos dan Fakta Mengenai Rambut: Uban, Stres dan Genetik

Perlu diketahui, rambut berminyak disebabkan oleh produksi minyak berlebih di kulit kepala akibat berbagai faktor, mulai dari keturunan, tekstur rambut yang halus hingga kebiasaan membersihkan rambut yang salah, sehingga sampo masih tertinggal di sela-sela rambut.

Lalu, apakah faktor keturunan membuat kondisi rambut berminyak seseorang tak dapat disembuhkan?

Memilih Minyak Rambut Terbaik: Panduan untuk Rambut Sehat dan Berkilau

Dari bincang interaktif dokter VIVA Meet Doctor di Facebook VIVAlife bersama dr. Adnan Yusuf, jika rambut ayah atau ibu Anda berminyak, kemungkinan rambut Anda juga akan berminyak. tapi jika Anda merawat rambut dengan tepat dan rutin agar tetap sehat, maka Anda dapat mengurangi munculnya rambut berminyak.

Meski begitu, ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rambut yang lepek dan berminyak. Beberapa di antaranya adalah mencuci rambut dua sampai tiga hari sekali, mengonsumsi makanan sehat dan menggunakan air perasan jeruk lemon.

Tak Hanya Kulit Wajah, Rambut Juga Butuh Skincare

"Sari lemon tidak hanya mengandung vitamin dan mineral untuk menyehatkan rambut, namun kandungannya juga dapat mengontrol kadar minyak pada rambut agar tetap optimal," ujar Adnan.

Selain itu, baking soda yang sudah dilarutkan juga bisa menjadi bahan ampuh untuk mengontrol minyak rambut. Namun, belum ada referensi yang bisa menyimpulkan bahwa baking soda akan cocok untuk semua jenis kulit kepala.

Jika pada anak-anak, sebaiknya Anda menggunakan produk sampo khusus anak-anak untuk menghindari timbulnya kondisi kesehatan lainnya.

Cara terakhir adalah menggunakan sampo khusus rambut berminyak.

Terkadang rambut Anda menjadi sangat mudah berminyak, akibat ketidakcocokan dengan sampo berbahan kimia kuat yang masih tersisa di sela-sela rambut sehingga, membuat rambut menjadi lepek.

"Mengganti penggunaan sampo dengan sampo berbahan ringan dapat menjadi alternatif bagi Anda," kata Adnan.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya