Minyak Rosemary, Cara Alami Menumbuhkan Rambut dengan Efektif

Ilustrasi essential oil/minyak esensial.
Sumber :
  • Pixabay/Monfocus

VIVA Lifestyle – Anda mungkin mengenal rosemary sebagai minyak aromaterapi, bukan? Jangan salah, ternyata selain dikenal sebagai minyak esensial, ternyata minyak alami ini memiliki kelebihan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Lantas, benarkah kelebihan minyak rosemary bisa efektif menumbuhkan rambut? Scroll selengkapnya berikut ini.

Kelebihan Pakai Essential Oil, Hadirkan Kekuatan Alam dalam Kehidupan Sehari-hari

Minyak Rosemary Kaya akan Manfaat

Minyak rosemary bisa jadi salah satu solusi Anda untuk merawat serta menjaga kesehatan rambut. Jenis minyak ini sangat bagus dalam menumbuhkan kembali rambut pada penderita androgenetic alopecia, yang merupakan bentuk umum kerontokan rambut. 

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Perlu Anda ketahui, minyak rosemary dihasilkan melalui proses distalasi uap tanaman rosemary. Tanaman ini merupakan keluarga daun mint yang berasal dari daerah Mediterania dan memiliki bunga berwarna-warni. Tak jarang pula, daun rosemary juga digunakan sebagai sajian masakan agar lebih harum.

Namun, siapa sangka memanfaatkan bahan alami ini ternyata dapat melindungi rambut dari sinar matahari, polusi, dan elemen lingkungan lainnya, menurut sebuah artikel di Insider. Minyak esensial ini memang diam-diam mencuri perhatian, karena khasiatnya untuk menyuburkan rambut sudah terbukti.

Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal SkinMed menemukan bahwa minyak rosemary serupa dengan efektivitas minoxidil, juga dikenal sebagai Rogaine, untuk menumbuhkan kembali rambut pada pria dengan androgenetic alopecia. 

Kulit kepala juga tidak terlalu gatal setelah tiga hingga enam bulan penggunaan. Penelitian kecil ini hanya melibatkan laki-laki. Namun, dokter kulit Shilpi Khetarpal, MD, mengatakan kepada Klinik Cleveland bahwa hal itu tampaknya berhasil.

“Studi ini benar-benar mendorong orang untuk melihat minyak rosemary untuk pertumbuhan rambut,” katanya. “Setelah itu, minyak ini menjadi lebih umum digunakan pada produk yang dijual bebas.”

Minyak Rosemary Bisa Melawan Ketombe

Klinik Cleveland juga melaporkan bahwa minyak rosemary juga dapat membantu melawan ketombe dan uban dini. Khetarpal menyarankan untuk memijat minyak rosemary ke kulit kepala, kemudian dibiarkan semalaman agar bisa meresap kemudian paginya langsung dibilas. Coba lakukan ini dua atau tiga kali seminggu. 

Dia juga mencatat bahwa hanya dibutuhkan beberapa tetes minyak rosemary, dan fokusnya harus pada kulit kepala, bukan pada rambut yang membuat minyak rosemary terlihat berminyak. Mungkin diperlukan waktu 6 bulan untuk “perbaikan yang berarti,” kata Khetarpal.

Ilustrasi minyak gosok/essential oils

Photo :
  • pixabay

Bisa Merangsang Pertumbuhan Rambut

Minyak rosemary ternyata memiliki efektifitas yang sama seperti Minoxidil, yaitu kandungan bahan kimia yang umum ditemukan pada produk penumbuh rambut. Namun, efek samping rosemary oil cenderung lebih rendah, sehingga aman digunakan untuk jenis rambut apa pun.

Mengurangi Iritasi Kulit Kepala

Rosemary oil memiliki kandungan carnosic acid atau asam karnosat yang dikenal dapat memperbaiki jaringan kulit akibat iritasi. Nah, jika kamu punya masalah kulit kepala gatal bahkan iritasi, coba oleskan beberapa tetes minyak rosemary untuk meredakan iritasi sekaligus meningkatkan kesehatan kulit kepala secara menyeluruh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya