Percayakan Manfaat Jahe untuk Pertumbuhan Rambut Sehat Secara Alami

Ilustrasi jahe.
Sumber :
  • Pixabay/ Couleur

VIVA Lifestyle – Dunia pengobatan alami memiliki banyak solusi untuk masalah kesehatan mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Dengan tingkat polusi, perubahan iklim, dan kebiasaan gaya hidup yang berdampak buruk pada kehidupan sehari-hari, kesehatan rambut kita juga terpengaruh.

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Akibatnya, masalah seperti rambut rontok dan uban menyerang banyak orang sebelum waktunya. Pasar dibanjiri dengan produk-produk yang menjanjikan hasil yang bertahan lama, namun jika Anda percaya dengan semua hal alami untuk menjaga kesehatan rambut, Anda wajib mencoba manfaat jahe untuk pertumbuhan rambut.

"Di India, jahe merupakan bahan alami yang mudah ditemukan di sebagian besar rumah tangga. Banyak pengobatan tradisional yang menggunakan jahe, yang telah membantu pengobatan umum untuk sakit perut, dan bahkan dalam kasus pilek atau flu.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Jahe

Photo :
  • Times of India

Baik dalam praktik tradisional maupun konvensional, jahe secara teratur digunakan untuk peradangan dan penyakit pencernaan. Selain itu, karena sifat antioksidan dan antiseptiknya, jahe juga digunakan untuk mengatasi masalah seperti jerawat, kulit terbakar, ketombe, rambut rapuh, dan bahkan rambut rontok,” kata Dr. Ipsita Chatterjee, VP Pengembangan Teknis dan Bisnis, Lotus herbal.

Rambut Capek Sering Bikin Mood Jelek? Yuk Cek Ciri-cirinya!

Jahe yang kaya akan antioksidan dan senyawa anti inflamasi ini juga bisa merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala, meningkatkan pertumbuhan rambut, jelas dokter kulit. Dr DM Mahajan Mengandung gingerol, yang membantu meningkatkan sirkulasi kulit kepala dan mendukung pengiriman nutrisi ke folikel rambut.

Jahe juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dengan mencegah ketombe dan masalah kulit kepala lainnya yang mungkin menghambat pertumbuhan rambut.

Manfaat Luar Biasa Jahe untuk Rambut

Ilustrasi wanita/rambut berwarna/cat rambut.

Photo :
  • Freepik/drobotdean

Dr. Ipsita lebih lanjut berbagi dengan HT Lifestyle beberapa aspek manfaat termasuk jahe dan produk organik berbahan dasar jahe dalam merawat rambut rusak.

Beberapa manfaat potensial jahe bagi kesehatan rambut Anda melansir dari Healthshots.com;

1. Jahe Bisa Cegah Rambut Rontok

Pertama, manfaat jahe bisa mencegah rambut Anda yang mudah rontok.

2. Jahe Atasi Masalah Ketombe

Jahe memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dengan mencegah ketombe dan masalah kulit kepala lainnya yang mungkin menghambat pertumbuhan rambut. Anda bisa menambahkan jahe segar ke sampo Anda dan memijatnya ke kulit kepala Anda untuk hasil terbaik.

3. Jahe Membantu Kondisikan Rambut Anda

Jahe memiliki sifat pengondisian alami yang dapat membantu memperbaiki tampilan dan nuansa rambut Anda. Minyak unik dari akar jahe segar bertindak sebagai antioksidan kuat. Antioksidan ini melindungi folikel rambut Anda dari kerusakan dan kerusakan.

4. Jahe Cegah Ujung Rambut Bercabang

Jika Anda memiliki ujung rambut bercabang atau rambut patah, coba semprotkan jahe segar dengan air sebelum mencuci rambut. Anda juga bisa menambahkan jahe ke kondisioner tanpa bilas favorit Anda jika rambut Anda tidak tumbuh lebih panjang. Kualitasnya yang menghaluskan dapat mempermudah menghilangkan kekusutan pada rambut Anda.

Bagaimana cara menggunakan jahe dalam rutinitas perawatan rambut harian Anda?

Untuk menggunakan jahe untuk pertumbuhan rambut, buatlah masker rambut yang mengandung jahe.

• Oleskan campuran ini langsung ke kulit kepala dan rambut, pijat dengan lembut untuk memastikan pemerataan.
• Diamkan campuran selama sekitar 30 menit hingga satu jam agar kulit kepala menyerap nutrisi.

Penting untuk melakukan uji coba terlebih dahulu untuk memeriksa reaksi buruk apa pun dan berkonsultasi dengan dokter sebelum memasukkan jahe ke dalam rutinitas perawatan rambut Anda, kata Dr Mahajan.

Efek Jahe bagi Rambut

Reaksi alergi seperti iritasi kulit, kemerahan atau sensasi terbakar dapat terjadi jika jahe dioleskan langsung ke kulit kepala. Penggunaan berlebihan atau penggunaan jahe pada kulit sensitif dapat menyebabkan dermatitis atau reaksi kulit lainnya.

Selain itu, individu dengan kulit sensitif atau rentan terhadap alergi harus melakukan uji tempel sebelum mengoleskan jahe secara topikal. Meskipun jahe umumnya aman bagi kebanyakan orang, kehati-hatian harus dilakukan untuk mencegah reaksi yang merugikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya