Masih Malas Double Cleansing? Ini 4 Bahayanya yang Wajib Kamu Tahu!

Ilustrasi membersihkan makeup.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Kesadaran orang-orang akan pentingnya merawat kulit semakin meningkat. Namun sayangnya, masih banyak yang malas melakukan double cleansing usai menggunakan makeup ataupun beraktivitas seharian di luar rumah.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Padahal, langkah ini sangat penting, dan tidak boleh dilewatkan karena bisa menimbulkan risiko bagi kesehatan kulit itu sendiri. Penasaran apa saja bahayanya jika tidak melakukan double cleansing? Berikut penjelasannya, dikutip dari siaran pers Theraskin, Rabu 6 Desember 2023. Yuk, scroll!

1. Timbulnya Jerawat dan Komedo
Bagi yang sering bertanya-tanya mengapa komedo selalu muncul, jawabannya mungkin terletak pada kelalaian dalam melakukan double cleansing. Kotoran yang menumpuk di wajah dapat menyumbat pori-pori, sehingga menyebabkan munculnya komedo. Selain itu, penumpukan kotoran yang bertemu dengan bakteri juga dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

2. Membuat Warna Bibir Menjadi Lebih Gelap
Meskipun beberapa orang memiliki pigmen alami di sekitar bibir yang membuatnya tampak gelap, namun mengabaikan double cleansing, khususnya lipstik, dapat menyebabkan penggelapan warna bibir. Untuk mencegah hal ini, sangat penting untuk membersihkan lipstik secara menyeluruh untuk menjaga kecerahan warna bibir, serta mencegah bibir kering dan pecah-pecah.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

3. Menimbulkan Risiko Iritasi Mata
Menggunakan produk seperti eyeshadow, eyeliner, dan maskara dapat membuat riasan mata terlihat indah. Namun, jika produk-produk ini dibiarkan terlalu lama tanpa dibersihkan secara maksimal, dapat menyebabkan iritasi pada mata hingga penyakit Hordeolum dan Chalazion seperti yang sempat dialami oleh salah satu aktris Indonesia, Yoriko Angeline.

4. Menyebabkan Penuaan Dini
Munculnya kerutan pada wajah, tidak hanya karena faktor usia. Buktinya, kini banyak orang-orang di usia muda yang sudah memiliki kerutan karena malas melakukan double cleansing. 

Munculnya kerutan sendiri merupakan tanda penuaan dini, yang dapat terjadi akibat kurangnya regenerasi sel kulit yang optimal. Oleh karena itu, menjaga rutinitas double cleansing dan eksfoliasi wajah adalah kunci untuk menghindari penuaan dini dan menjaga kulit agar tetap sehat dan terlihat muda.

Melihat pentingnya double cleansing bagi kulit, brand lokal di Indonesia pun semakin banyak yang mengeluarkan produk double cleansing, tak terkecuali Theraskin, brand skincare yang dikembangkan bersama dokter kulit. Theraskin sendiri memiliki dua jenis produk double cleansing,yakni Cleansing Balm dan Cleansing Milk.

"Untuk kandungan dari Cleansing Balm, kita pakai Cocoa Butter, yang pastinya punya tekstur lembut, sehingga mampu meluruhkan makeup tebal dan membersihkan wajah secara tuntas,” jelas Vanesha Wijaya selaku Brand Manager Theraskin, dalam keterangannya, dikutip VIVA

Ilustrasi lipstik.

Photo :
  • Freepik/benzox

Ia juga mengatakan bahwa hanya dalam 3 kali putaran, makeup waterproof, residu sunscreen yang menempel di kulit, hingga kotoran akibat polusi dan minyak berlebih, semuanya bisa dibersihkan tanpa membuat kulit kemerahan, sehingga cocok untuk kulit sensitif sekalipun.

Tak kalah dengan tekstur balm-nya, Milk Cleanser dari Theraskin mengandung Sunflower Seed Oil yang diklaim mampu membersihkan kotoran, debu, serta makeup yang menempel pada kulit wajah sekaligus membuat kulit tetap lembap.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya