RESEP: Ayam Panggang Buah Persik yang Menggoda

Ayam panggang buah persik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Mengolah daging ayam tidak selalu menyusahkan. Banyak resep sederhana yang bisa Anda coba agar keluarga dan orang terdekat tidak bosan menikmati ayam. Salah satu resep olahan ayam yang bisa Anda coba adalah chicken with grilled peacher atau ayam panggang buah persik.

Hangat Menyegarkan, Ini 7 Resep Soto Ayam Bening

Jika Anda kesulitan mendapatkan buah persik, Anda bisa menggantinya dengan buah lain yang termasuk dalam kategori stone fruit seperti aprikot, prem dan buah sejenis lainnya.

Menurut Chef Yuda Bustara, Anda harus memperhatikan tingkat kematangan daging, agar teksturnya tidak keras. Yuda menyarankan agar daging dipanaskan hingga suhu 60 derajat Celcius saja. Anda tidak perlu khawatir karena pada suhu tersebut bakteri dalam daging ayam sudah hilang.

6 Resep Menu Ayam yang Lezat, Dijamin Menambah Nafsu Makan

"Daging itu sudah matang pada suhu 60 derajat, kumannya sudah hilang, jadi aman," kata Yuda kepada VIVA.co.id di kawasan Prapanca, Jakarta, belum lama ini.

Ia juga mengatakan, bahwa untuk membuat ayam panggang buah persik, tidak begitu banyak bahan yang dibutuhkan. Perpaduan buah persik dan ayam ini juga jarang ditemui pada kuliner Indonesia. Oleh karena itu, resep ini patut Anda coba buat di rumah.

8 Resep Ayam Goreng Mentega Spesial dan Mudah Dibikin di Rumah

Yuda pun bersedia berbagi resepnya. Berikut daftar bahan dan resep lengkapnya.

Ayam buah persik

Bahan-bahan

-2 sdm cuka putih
-1/4 cangkir minyak zaitun
-2 sdm zaitun
-Garam secukupnya
-Lada Secukupnya
-2 buah persik matang, iris agak tebal
-1/2 bawang bombay, iris tipis
-1/2 cangkir daun kemangi segar
-4 daging ayam tanpa tulang dan kulit

Cara membuat

1. Panaskan alat pemanggang terlebih dahulu. Masukkan 2 sdm minyak zaitun.

2. Selagi menunggu minyak panas, dalam sebuah wadah, campur cuka putih dengan 1/4 cangkir minyak zaitun, bawang bombay dan 1/4 sdt garam dan lada. Tambahkan irisan buah persik, aduk rata.

3. Oleskan ayam dengan minyak zaitun, beri taburan 1/2 sdt garam dan 1/4 sdt lada. Panggang hingga matang.

4. Terakhir, masukkan kemangi dalam wadah berisi buah persik, taburi campuran tersebut di atas ayam yang sudah dipanggang. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya