Bahas Produksi Pangan, Tiga Menteri Merapat ke Kantor Darmin

Petani tengah beraktivitas di sawah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA.co.id – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggelar rapat koordinasi membahas produksi hingga harga pangan.

Harmonisasi dan Apresiasi SDM 2022, Kementan Gelar Pameran Produk Pertanian

Rakor itu dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution dan dihadiri oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno, Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita.

Dalam jadwal menteri yang disebarkan ke media, pembahasan dikhususkan untuk membahas terkait bahan pokok seperti beras dan gula. Rapat telah dimulai sejak pukul 09.00 WIB.

Atasi Masalah Pemasaran Hasil Pertanian, Kementan Dukung Warung Smart Farm

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, yang hadir lebih awal, irit bicara ketika ditanya wartawan topik yang akan dibahas. Ia hanya menyatakan rakor terkait dengan produksi pangan, namun dia tidak menjelaskan lebih detail permasalahan yang akan dibahas.

"Soal pangan, ya produksi dan harga-harga," ujar Amran sedikit terburu-buru di Kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu 1 Februari 2017.

Tiga Menteri Barengan Lepas Ekspor Pertanian ke 12 Negara

Selain keempat menteri itu, turut hadir Direktur Utama Perum Bulog, Djarot Kusumayakti, dan Deputi Bidang Klimatologi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Mulyono Rahadi Prabowo.

"Kalau BMKG dari cuacanya, bukan soal pasca produksi, tapi ini justru sebelum musim kemarau," ujar Mulyono.

Ia mengungkapkan, musim kemarau diprediksi akan terjadi pada bulan April di beberapa wilayah. Namun, musim kemarau yang merata diperkirakan terjadi pada bulan Mei dan Juni. Pemerintah, lanjut dia, tengah berupaya mengatasi gagal panen saat musim kemarau itu.

"Karena, pada bulan-bulan musim kemarau ketersediaan air kurang." (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya