Pakai Cara Ini Jika Ingin Menabung untuk Beli Rumah

Ilustrasi membeli rumah.
Sumber :
  • rumahku.com

VIVA.co.id – Rumah adalah bentuk investasi yang sangat ideal. Hal ini, karena rumah menjadi kebutuhan yang begitu penting untuk kehidupan. Tetapi, pada kenyataannya, kita malah memilih menunda membeli rumah. Sudah pasti ada berbagai macam alasan yang mendasarinya mengapa kita lebih memilih menunda rumah.

Curhat Keluarga Australia Tak Mampu Beli Rumah, Meski Nabung 10 Tahun

Dilansir dari laman Rumahku.com, Senin 6 Februari 2017, jika dari sekarang Anda terus menunda membeli rumah, semakin lama Anda akan merasa semakin sulit untuk memiliki rumah. Tidak ada gunanya, jika Anda terus menerus melakukan penundaan.

Memang, membeli rumah bukan hal gampang untuk dilakukan, apalagi jika mengetahui harga rumah beberapa tahun ini semakin tinggi. Tetapi, jika Anda mempunyai kemauan agar bisa mengatasi hal tersebut, menabung merupakan cara yang dapat Anda lakukan sebagai solusi.

Supaya Untung, Perhatikan Ini saat Akan Membeli Rumah

Simak berbagai macam cara menabung di bawah ini yang dapat Anda gunakan untuk mewujudkan impian Anda.

1. Perhatikan tujuan Anda

Tak Cuma Fokus Liburan, Milenial Juga Masih Bermimpi Beli Rumah

Tujuan adalah poin utama, tentukan tujuan Anda untuk mempertebal tabungan Anda. Nantinya dengan memiliki tujuan, Anda akan lebih terarah dan akan berjalan sesuai alur. Jangan hanya menetapkan tujuan saja, namun melupakannya begitu saja. Memang, hampir setiap orang pernah lupa, namun jika menuliskan tujuan dengan jelas, Anda bisa tetap fokus.

2. Jumlah tabungan

Ketahui, berapa jumlah tabungan yang harus Anda miliki. Hal ini akan membantu Anda, agar dapat memiliki gambaran tepat tentang kapan tabungan tersebut membantu Anda. Hindari menentukan nominal yang kurang masuk di akal. Ketahui kemampuan Anda, dan tentukan jumlah sesuai dengan kemampuan.

3. Lunasi seluruh utang

Jika sekarang ini Anda masih memiliki utang, lebih baik Anda membayar utang tersebut terlebih dahulu. Jangan sampai Anda menabung, namun masih memiliki beban utang yang jumlahnya tinggi. Dengan tidak memiliki beban utang, proses menabung yang Anda lakukan akan sangat menyenangkan dan mudah. 

4. Tabungan emas

Tabungan emas adalah cara yang tepat, jika Anda ingin membeli rumah dalam jangka waktu yang panjang. Emas merupakan bentuk investasi yang tidak akan terpengaruh dengan inflasi, sehingga nilainya bisa stabil. Menabung dengan bentuk emas tepat dijadikan pertimbangan. Namun, jangan lupa mempelajari dengan baik seperti apa investasi emas sebenarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya