Dukung Wisata Solo, Lion Air Buka Rute ke Malaysia

Ilustrasi/Maskapai Lion Air
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Maskapai penerbangan Lion Air membuka rute penerbangan langsung dari Solo tujuan Kuala Lumpur, Malaysia pada Rabu 22 Februari 2017. Dibukanya rute tersebut diharapkan, meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke kota kelahiran Presiden Joko Widodo dan sekitarnya.

Bos InJourney Airports 'Curhat' Kendala di Industri Aviasi

Pembukaan perdana rute penerbangan Bandara Adi Soemarmo Solo - Kuala Lumpur, Malaysia ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan oleh Managing Director Lion Air, Daniel Putut, Direktur Promisi Pariwisata Asia-Pasifik Kementerian Pariwisata, Vinsensius Jemadu dan GM Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman.

Setelah itu dilanjutkan dengan pengalungan rangkaian bunga kepada perwakilan penumpang yang akan menjajal penerbangan perdana pesawat Lion Air tujuan Kuala Lumpur yang terbang pada pukul 10.40 WIB.

Kemnaker Apresiasi Kerja Sama Industri Penerbangan Indonesia-Tiongkok

"Penerbangan perdana rute internasional Solo-Kuala Lumpur ini merupakan pengembangan jaringan konektivitas Lion Air di Solo ya menjadikan bandara Adi Soemarmi sebagai bandara penghubung," kata  Daniel di Bandara Adi Soemarmo Solo.

Dengan dibukanya rute tujuan Kuala Lumpur, lanjut dia, kini warga Solo dan Jawa Tengah pada umumnya bisa menikmati perjalanan internasional dengan mudah. 

Menhub Optimistis Industri Penerbangan Segera Bangkit

"Adanya pembukaan rute internasional dari Solo dapat mengurangi ketergantungan terhadap Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang ada di Jakarta," ujar dia.

Daniel menambahkan, Lion Air Grup memiliki maskapai penerbangan yang beroperasi di Malaysia, Malindo Air. Dengan penerbangan langsung dari Solo menuju Kuala Lumpur, masyarakat juga bisa melanjutkan perjal internasional ke sejumlah negara seperti Singapura, Sri Lanka, Nepal, Bangladesh, Australia, Vietnam, China dan India.

"Sebaliknya,dengan rute internasional itu juga bisa menarik para wisatawan dari negara-negara tersebut untuk berkunjung ke Solo. Kota Solo dan sekitarnya memiliki pesona wisata Budaya Indonesiaa yang bisa mendatangkan wisatawan mancanegara untuk datang sehingga bisa mendukung kemajuan pariwisata Indonesia,"  tutur dia.

Menurut Daniel selain Solo, nantinya Lion Air juga akan membuka rute penerbangan langsung dari Surabaya menuju Kuala Lumpur Malaysia pada 25 Februari 2017 mendatang.

"Saat ini, yang sedang terhubung langsung dengan Kuala Lumpur, seperti Jakarta, Denpasar, Medan, Bandung serta Solo, dan akan menyusul Surabaya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya