Waspadai Vampir Listrik di Rumah Sedot Keuangan Anda

Microwave.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Tanpa kita sadari, sebenarnya ada berbagai macam barang elektronik di rumah yang bisa membengkakkan pengeluaran listrik Anda.

Beli Produk Asuransi Secara Virtual, Perhatikan Tahapan Ini

Biasanya berbagai barang elektronik ini menyedot listrik begitu besar meskipun tidak digunakan. Siapa yang menyangka bila Anda tidur pulas di malam hari, malah berbagai macam barang elektronik bisa menyedot penggunaan listrik, walaupun Anda telah yakin jika Anda sudah mematikannya.

Berbagai macam barang elektronik memberikan kontribusi yang cukup besar di tagihan listrik Anda. oleh sebab itu pastikan bila barang-barang yang berada di bawah ini benar-benar padam sebelum Anda tidur.

Layanan Gaji Ini Bisa Bikin Karyawan Lupakan Istilah Tanggal Tua

Berikut berbagai macam barang elektronik yang harus mati saat malam hari, dikutip dari Rumahku.com

1. Tombol stop kontak

5 Alasan Pentingnya Punya Perencanaan Keuangan

Bila Anda mempunyai stop kontak yang memiliki banyak lubang yang terhubung dengan berbagai macam alat lain, pastikan Anda mempunyai stop kontak yang mempunyai tombol padam. Sehingga hanya dalam sekali tekan Anda dapat memadamkan seluruh elektronik yang berada di dalamnya.

2. Elektronik yang menggunakan remote

Barang yang harus dijaga dengan adanya barang elektronik ini ialah remote control. Barang-barang elektronik yang dilengkapi menggunakan remote control, mempunyai alat khusus yang akan terus menunggu respons saat tombol di tekan. 

Dari berbagai macam barang dengan remote ini, TV Plasma merupakan barang elektronik yang mempunyai penggunaan energi terbesar. Penggunaan tenaga listrik saat mode stanby dapat menghabiskan dana hingga ratusan ribu per tahun.

3. Printer

Produk lama biasanya 20 watt tetapi sekarang ini banyak model barang yang memerlukan koneksi jaringan dan memerlukan 5 watt ketika sleep mode. Alat ini akan menghabiskan uang sebesar Rp150 ribuan per tahunnya. Sehingga sangat disarankan memperpendek waktu untuk sleep mode.

4. Alat dapur

Jangan pernah melupakan alat dapur di rumah Anda. Berbagai alat dapur yang menggunakan listrik cukup besar ini seperti coffe maker dan microwave. Lebih baik gunakan teknologi yang hemat energi untuk peralatan ini. Teknologi ini akan bisa mematikan alat elektronik, namun seolah berada di posisi standby. Dengan menggunakan teknologi ini alat-alat dapur Anda akan lebih hemat energi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya