Mau Banyak Untung, Intip Cara Investasi Ala Lo Kheng Hong

Ilustrasi investasi.
Sumber :

VIVA – Investasi jadi salah satu cara paling cerdas untuk memanfaatkan uang yang dimiliki. Ketika diinvestasikan, uang tidak akan habis begitu saja, tapi bisa mendatangkan sejumlah keuntungan di masa yang akan datang.

Hati-hati, Simak 9 Tips Paling Efektif Agar Tak Tertipu Investasi Bodong

Melakukan investasi di dalam keuangan menjadi salah satu cara menyelamatkan dan mengamankan finansial. Bagaimana pun setiap orang tentu bisa saja mengalami pasang surut di dalam keuangannya.

Bagi Anda yang berniat untuk melakukan investasi, tidak ada salahnya belajar pada pengalaman Lo Kheng Hong. Pria yang sudah lanjut usia ini punya segudang pengalaman berharga dan menjadi raja investasi di Indonesia.

Ini Kunci Sukses Berinvestasi Bagi Pemula

Ada banyak pelajaran yang bisa dipetik darinya, bahkan meski Anda masih akan menjadi investor pemula sekali pun. Jadi, sebelum berinvestasi, yuk curi ilmu sang raja investasi Lo Kheng Hong ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Selalu konsisten mempelajari ilmu investasi

Beli Produk Asuransi Secara Virtual, Perhatikan Tahapan Ini

Meski sudah sukses, pria ini tidak merasa paling pintar dan masih mau terus belajar investasi hingga sekarang. Dia memiliki teknik belajar yang unik, yakni reading, thinking and investing (RTI).

Ada banyak sumber informasi investasi yang dibacanya secara rutin, seperti: laporan keuangan, data saham, koran, dan berbagai koleksi buku Warren Buffet.

2. Memahami bahwa investasi merupakan “ajang” melatih kesabaran

Untuk sukses berinvestasi, Anda harus memiliki kesabaran yang tinggi. Aktivitas keuangan ini tidak mencetak keuntungan dalam semalam, sebab beberapa investasi bahkan baru menunjukkan hasil setelah tahunan.

Bagi Anda yang akan berinvestasi, pastikan Anda memiliki kesabaran yang tinggi dalam merawat dan membuat investasi Anda berhasil. Hal ini penting, terutama untuk investasi-investasi jangka panjang, seperti saham dan yang lainnya.

3. Harus fokus dan punya tingkat disiplin yang tinggi

Menggeluti satu bidang dan hanya fokus pada bidang itu saja merupakan salah satu langkah penting dalam kesuksesan berinvestasi. Selain itu, kedisiplinan yang tinggi juga dibutuhkan, terutama terkait dalam pengelolaan keuangan.

Kedua hal ini akan memberikan nilai tersendiri dan juga kemampuan yang baik dalam menentukan arah investasi yang dijalankan. Disiplin adalah salah satu kunci sukses.

4. Mau terus mengasah keberanian diri

Di dalam investasi akan dibutuhkan berbagai keputusan yang penting. Semua ini tentu harus diambil dengan keberanian yang tinggi. Berbagai keputusan ini akan membutuhkan banyak pertimbangan.

Sehingga hasil yang didapatkan benar-benar sesuai dengan harapan dan menguntungkan. Hal inilah yang dilakukan Lo Kheng Hong ketika akhirnya memutuskan untuk keluar dari pekerjaan dan mulai menggeluti dunia investasi. 

5. Pilih perusahaan yang berkualitas

Jangan mudah tergoda dengan perusahaan yang tampak bagus di luar, namun ternyata bobrok di dalam. Kualitas perusahaan secara keseluruhan menjadi pertimbangan penting ketika memilih tempat berinvestasi.

Setidaknya, perusahaan harus dikelola dengan profesional oleh orang-orang yang jujur dan bertanggung jawab. Sehingga bisa mendatangkan keuntungan bagi investornya.

6. Penting untuk memahami laporan keuangan

Investasi perlu dilakukan dengan penuh pertimbangan, terutama ketika akan memilih perusahaan tempat melakukan investasi itu sendiri. Hal ini disadari dengan baik oleh Lo Kheng Hong.

Sebab pria ini akan membaca secara detail laporan keuangan perusahaan, sebelum akhirnya mengambil keputusan untuk melakukan investasi di perusahaan tersebut. Kemampuan membaca laporan keuangan ini tentu berkontribusi pada kesuksesannya.

7. Hidup hemat dan sederhana

Selalu mengutamakan investasi sebagai tujuan keuangannya, Lo Kheng Hong terbiasa menerapkan pola hidup yang sangat hemat di dalam kehidupannya. Hal seperti ini sudah ditunjukkannya sejak masih bekerja.

Sehingga lebih banyak uang yang dapat diinvestasikan. Dengan hemat dan sederhana, hidup juga tetap bisa berkualitas dan sehat, bukan?

8. Menyadari bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulai investasi

Usia bukan alasan untuk tidak berinvestasi, sebab Anda bahkan bisa memulai investasi pada usia berapa pun. Pria yang pada awalnya seorang pegawai bank ini bahkan baru mulai berinvestasi pada usia 30-an.

Artinya, tidak ada kata terlambat untuk segera memulai investasi, bahkan meski saat ini Anda masih sangat muda atau bahkan sudah mulai memasuki usia yang terbilang tua.

Belajar dan mulai berinvestasi sekarang juga.

Berinvestasi menjadi salah satu aktivitas yang penting dilakukan di dalam keuangan, inilah yang disadari dengan baik oleh Lo Kheng Ho. Ada banyak ilmu kiat berinvestasi yang bisa dipelajari darinya, beberapa bahkan terlihat sederhana namun memberikan banyak manfaat dalam keuangan.
 
Mulailah belajar dan melakukan investasi sejak sekarang, agar aktivitas keuangan ini bisa memberikan kesuksesan bagi Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya