Rincian Perjanjian Ekonomi Antara Indonesia dan Arab Saudi

Menkeu Sri Mulyani dan Boediono
Sumber :
  • antara

VIVA.co.id – Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi menandatangani 11 nota kesepahaman, di mana empat di antaranya mengenai kerja sama di bidang ekonomi. Salah satunya, pendanaan senilai US$1 miliar dari The Saudi Fund Contribution.

Sambangi Arab Saudi, Menhan Prabowo Disambut Putra Raja Salman

Lantas, bagaimana rincian pendanaan kerja sama bidang ekonomi antar kedua negara?

“Nilainya US$1 miliar. US$750 juta untuk financing program development. Rambunya masih sangat umum, jadi belum diturunkan dalam kesepakatan yang detail,” jelas Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Jakarta, Kamis 2 Maret 2017.

Warteg Luncurkan 'Sumbangan 2 T' hingga Rombongan Motor Bentrok

The Saudi Fund Contribution, kata Menkeu, memang selama ini telah beroperasi di berbagai negara, dengan menggelontorkan sejumlah dana untuk proyek-proyek infrastruktur. Ani, sapaan akrab Sri Mulyani, menolak dengan tegas, kucuran dana tersebut berbentuk pinjaman.

“Jadi, bisa saja (dana tersebut) digunakan untuk project financial yang kami combine dengan financing yang lain. Itu yang US$750 juta,” katanya.

Raja Arab Tunjuk Panglima Perisai Jadi Komandan Perang Koalisi Yaman

Sementara itu, sisanya yang mencapai US$250 juta, akan dipergunakan untuk mendanai kegiatan-kegiatan untuk mendukung produk ekspor asal negara tersebut, selain dari produk-produk minyak dan gas yang selama ini menjadi komoditas andalan Arab.

“Jadi, mungkin mereka punya berbagai produk non oil (minyak) yang mungkin dibutuhkan Indonesia. Sehingga, dengan skema financing, mereka menggunakan itu,” ujarnya. (asp)

Bendera Arab Saudi.

7 Pria Dieksekusi oleh Arab Saudi Gegara Tuduhan 2 Hal Mengerikan

Arab Saudi baru-baru ini melakukan eksekusi terhadap tujuh pria pada hari Selasa. Mereka dihukum atas tuduhan makar dan pendanaan teroris. Hal tersebut diumumkan media.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2024