Penghematan Belanja Barang Dipakai untuk Asian Games 

Asian Games 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada Menteri dan Kepala Lembaga pemerintahan melakukan efisiensi dan memangkas anggaran belanja tidak produktif. Adapun rincian keseluruhan anggaran yang harus dihemat mencapai Rp16 triliun.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Lantas, kemana saja penghematan tersebut akan dialihkan?

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan, penghematan itu akan disalurkan kepada kegiatan belanja prioritas yang bersifat produktif dan mendesak. Salah satunya adalah untuk pelaksanaan perhelatan Asian Games pada 2018 mendatang.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

“Kemudian, pemenuhan kekurangan anggaran tunjangan profesi guru, pengembalian Badan Layanan Umum Kelapa Sawit dan cadangan bencana alam,” kata Darmin, Jakarta, Kamis 6 Juli 2017.

Selain itu, penghematan tersebut pun akan dipergunakan pemerintah untuk mempercepat program sertifikasi lahan, persiapan Pemilihan Kepala Daerah 2018, Pemilihan Umum 2019, kegiatan budidaya pertanian, sampai dengan membiayai penambahan belanja hibah.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

“Serta realokasi penyelesaian defisit BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dari pembiayaan ke belanja sesuai masukan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan),” katanya.

Mantan Gubernur Bank Indonesia itu menegaskan, efisiensi belanja tersebut berasal dari rupiah murni, yang mencakup belanja honorarium, perjalanan dinas dan paket meeting, langganan daya dan jasa, sampai dengan operasional perkantoran lainnya.
 

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024