Kini Giliran Pasar Rakyat Kalimantan Barat Diresmikan Jokowi

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Pasar Tengah di Kota Pontianak.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo, meresmikan enam pasar rakyat di Kalimantan Barat. Secara simbolik, Jokowi meninjau Pasar Tengah yang ada di pusat Kota Pontianak. 

Direvitalisasi, Jokowi Yakin Sukawati Jadi Pasar Modern

Pasar Tengah ini, sebelumnya sempat terbakar. Tiga tahun lalu, Jokowi meninjau pasar ini dan menjanjikan akan membangunnya. 

"Dan saat itu saya ingat di sini semua pedagang, PKL bercampur sehingga menyebabkan menjadi kawasan yang kumuh sekali. Sekarang kalau saya lihat menjadi kawasan bersih, pasarnya juga sudah jadi. PKL juga diberi tempat," jelas Presiden Jokowi, dalam sambutannya, Jumat 29 Desember 2017. 

Penerimaan Asli Daerah Diyakini Naik dari Revitalisasi Pasar 

Untuk membangun pasar ini menggunakan dana pemerintah pusat yakni alokasi dari Kementerian Perdagangan yang menghabiskan dana hingga Rp54 miliar. 

Dari pengakuan sejumlah pedagang yang juga ditanya langsung oleh Jokowi, pasarnya menjadi lebih bersih. Fasilitas lain juga lebih baik, seperti toilet yang bersih dan keberadaan musala. 

Bisa Geliatkan Ekonomi Rakyat, Revitalisasi Pasar Dinilai Tepat

Dengan perubahan ini, Jokowi berharap para pedagang juga memperhatikan kebersihannya. Termasuk keamanan dan kenyamanan pasar sehingga para pengunjung senang ke Pasar Tengah atau pasar rakyat ini. 

"Jangan sampai pasarnya bagus, copetnya banyak," katanya. 

Turut mendampingi Presiden dalam peresmian pasar rakyat ini, adalah Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Kepala Staf Presiden Teten Masduki. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya