Enam Pilihan Pekerjaan Setelah Resign

Ilustrasi mencari pekerjaan.
Sumber :
  • bullseyerecruiting.net

VIVA – Setiap orang pasti pernah merasakan pahitnya hidup. Perputaran roda kehidupan juga ikut meramaikan dinamika kehidupan. 

3 Cara agar Meditasi Bisa Redakan Stres

Tak dapat dipungkiri, kadang seseorang berada di atas, kadang juga di bawah. Kondisi ini juga terjadi saat bekerja. Ada saatnya seseorang merasa nyaman dan betah menjadi bagian satu perusahaan. Ada saatnya ingin resign karena alasan tertentu.

Mengajukan resign di perusahaan tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti sumber penghasilan bulanan hingga pekerjaan apa yang akan dilakukan kelak. 

Pekerja Kantor Rentan Alami Gangguan Kepribadian, Waspadai Sikap Ini

Bagi Anda yang ingin mengajukan resign atau sudah resign dari perusahaan, berikut ini ulasan Cermati.com, terkait enam daftar pekerjaan yang patut dicoba.

1. Membuka bisnis

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Sebanyak 65 persen dari jumlah karyawan yang resign dari perusahaan memilih untuk membuka lahan bisnis sebagai pekerjaan barunya. Bisa dikatakan membuka bisnis gampang-gampang susah. Perlu memikirkan produk apa yang akan dijual, konsep ruangan, strategi pemasaran, hingga susunan internal bisnis.

Membuka bisnis termasuk sesuatu yang berisiko, mengingat modal yang harus dikeluarkan tidak main-main. Akan tetapi, jangan pernah takut untuk memulainya. Manfaatkan tabungan yang dimiliki untuk modal awal. Jika ternyata modal kurang, ajukan pinjaman berbunga rendah kepada bank atau koperasi. 

2. Menjadi freelancer

Siapa bilang bekerja di kantor memiliki potensi sukses lebih besar? Faktanya, keahlian yang dimiliki seseorang juga dapat membawa ke gerbang kesuksesan. Manfaatkan keahlian tersebut untuk menjadi freelancer

Ada banyak pekerjaan di luar yang membutuhkan jasa freelancer. Yang penting, keahlian yang Anda miliki sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh si pencari jasa.

Adapun freelancer yang kian populer, yaitu freelance writer atau penulis lepas. Pekerjaan ini sangat diminati, baik oleh wanita maupun pria. Syarat yang diperlukan untuk menjadi seorang penulis juga tidak terlalu spesifik. Yang terpenting, Anda dapat menulis konten yang berkualitas, lalu menjual konten tersebut kepada mereka yang membutuhkan.

3. Blogger

Selain freelancer, Anda juga bisa mencoba peruntungan menjadi blogger. Pekerjaan blogger sebenarnya hampir sama dengan penulis. Akan tetapi konten yang dibahas oleh blogger lebih ke konten pribadi yang membahas gaya hidup, fashion, dan travel.
 
Pekerjaan menjadi blogger juga patut dicoba. Sebab, penghasilan yang diperoleh dari pekerjaan ini lumayan besar. Jika konten yang Anda bagikan disukai oleh banyak orang, tidak menutup kemungkinan pekerjaan sebagai blogger dapat mendongkrak kesuksesan.

Para blogger sukses yang ada di dunia, seperti Chiara Ferragni, Carodaur, Xenia Overdose, dan masih banyak lagi. Sementara itu, deretan blogger yang ada di Indonesia, seperti Anaz Siantar, Olivia Lazuardy, Evita Nuh, dan Ayla Dimitri.

4. Vlogger

Kalau blogger bekerja sebagai pembuat konten berbasis tulisan, vlogger bekerja sebagai pembuat konten berbasis video. Pekerjaan sebagai vlogger sebenarnya sudah populer sejak lima tahun silam. Akan tetapi jumlah orang yang menggeluti pekerjaan ini kian bertambah seiring berjalannya waktu.

Pekerjaan sebagai vlogger juga sangat fleksibel. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat konten video yang berkualitas, editing, lalu membagikannya di channel Youtube Anda.

Penghasilan yang diperoleh dari pekerjaan ini sangatlah menggiurkan. Anda juga memiliki kesempatan untuk diajak featuring bersama brand atau perusahaan ternama dari seluruh dunia. 

5. Menjadi guru les

Selanjutnya, Anda juga bisa menjadi seorang pengajar bagi anak-anak. Manfaatkan pengetahuan yang Anda dapatkan selama 12 tahun bersekolah untuk mengajari anak-anak tersebut. Akan tetapi Anda butuh kesabaran ekstra saat mengajar anak-anak, mengingat sifatnya yang sangat sulit diatur. 

6. Fotografer

Hobi jepret-jepret? Anda bisa mencoba peruntungan menjadi seorang fotografer. Namun, hasil foto yang Anda ambil haruslah bagus agar dilirik oleh mereka yang membutuhkan. Selain ahli menjepret, Anda juga harus ahli dalam bidang editing agar jasa Anda dihargai mahal.

Sebagai fotografer pemula, peralatan yang Anda butuhkan cukup sederhana, seperti kamera dan lightning. Setelah berhasil jadi fotografer profesional, lengkapi peralatan tersebut satu per satu. Pastikan kualitas kamera bagus dan Anda ahli mengambil foto dari berbagai angle.

Resign? Tidak perlu khawatir lagi!

Banyak orang khawatir akan nasibnya sesaat setelah resign. Akan tetapi, jangan biarkan kekhawatiran ini terus-menerus menyelimuti Anda. Buang rasa khawatir dan lihat ke depan. 

Manfaatkan keahlian yang Anda miliki sebagai modal untuk mendapatkan pekerjaan baru. Kalau Anda bisa bekerja fleksibel dengan penghasilan yang menggiurkan, kenapa harus bertahan menjadi karyawan tetap di sebuah perusahaan?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya