Sri Mulyani: Realisasi BLT BBM 16 Agustus 2022 Capai Rp 6,2 Triliun

Menteri Keuangan, Sri Mulyani di APBN Kita.
Sumber :
  • istimewa

VIVA Bisnis – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, realisasi bantuan langsung tunai atau BLT atas pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM), per 16 Agustus telah disalurkan sejumlah Rp 6,2 triliun kepada 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Sri Mulyani Buka Suara soal Harga Sepatu Rp 10 Juta Kena Pajak Rp 31 Juta

Ani begitu sapaan akrabnya mengatakan, realisasi Rp 6,2 triliun tersebut merupakan setengah dari pagu anggaran untuk BLT BBM yang sebesar Rp 12,4 triliun.

“Kemarin karena pemerintah menyesuaikan harga BBM maka kita menambahkan bantuan sosial Rp 12,4 triliun untuk BLT BBM kepada 20,65 juta KPM yang sudah terealisasi Rp 6,2 triliun,” ujar Ani dalam APBN Kita September 2022, Senin 26 September 2022.

Sri Mulyani Buka Suara soal Warga Beli Sepatu Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta

Baca juga: Terus Bertambah, 24 Orang dari Tim Narasi Diretas Hacker

Adapun BLT BBM itu akan diberikan kepada penerima dengan besaran Rp 150 ribu selama empat bulan, atau total BLT sebesar Rp 600 ribu. Penyaluran itu dilakukan mulai September hingga Desember 2022.

Sri Mulyani Ungkap Mood dan Fokus Para Pembuat Kebijakan Keuangan Global Lagi Begini

Selain itu, pada Bantuan Subsidi Upah (BSU) pemerintah menganggarkan sebesar Rp 9,6 triliun. Dan per 16 September telah cair sebesar Rp 2,62 triliun, yang diberikan kepada 4,4 juta pekerja dari total 16 juta pekerja yang akan mendapat BSU.

Untuk penerima BSU itu diperuntukkan bagi pekerja yang memiliki gaji maksimal 3,5 juta per bulan. Dengan data penerima melalui BPJS Ketenagakerjaan, dan besaran yang diterima pekerja sebesar Rp 600 ribu.

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil memantau proses pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) bahan bakar minyak di Kantor Pos, Jalan Lapangan Multiguna, Kota Bekasi, Selasa, 20 September 2022.

Photo :
  • ANTARA

Perlu diketahui, tujuan pemerintah mengalihkan anggaran subsidi BBM ini adalah untuk menjaga daya beli masyarakat yang terdampak lonjakan harga kebutuhan pokok.

Di luar BLT BBM dan BSU, pemerintah pun memiliki program perlindungan sosial (perlinsos) yang hingga akhir Agustus 2022 telah terealisasi sebesar Rp 261,8 triliun.

Realisasi perlinsos diwujudkan melalui penyaluran program keluarga harapan (PKH) kepada 10 juta KPM, Kartu Sembako kepada 18,7 juta KPM, BLT Minyak Goreng 21,8 juta penerima, program Prakerja kepada 2,8 juta peserta, BLT Desa 7,5 juta KPM dan subsidi bunga KUR kepada 5 juta debitur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya