Setelah Maja, Pemerintah Bangun Kota Mandiri Baru di Padang

Ilustrasi perumahan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Pemerintah telah mencanangkan pengembangan 10 kota baru sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional, atau RPJMN 2015-2019. Namun, hingga saat ini baru Kota Maja di Lebak, Banten, yang telah dibangun pemerintah pada 2017.

Konsep 'Eco-Culture' Bukan Sekadar Membuat Bangunan

Direktur Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat, Dadang Rukmana mengatakan, pemerintah ke depan bakal membangun kota mandiri di Padang, Sumatera Barat.

"Mungkin kita di Padang dulu. Karena, di Padang itu kan daerahnya rawan bencana ya daerahnya. Jadi, kita perlu menyiapkan areal baru di sana untuk mengurangi pertumbuhan perkotaan di ladangnya sendiri," kata Dadang di Raffles Hotel, Jakarta, Rabu 14 Februari 2018.

Mudahkan Milenial Beli Properti, Kota Podomoro Tenjo Gandeng Bank Mandiri

Mengenai pengembang, Dadang enggan menyebut siapa yang akan membangun kota baru tersebut. Saat ini, ia juga belum membocorkan wilayah mana yang akan dijadikan kota baru.

"Nanti, kalau pengembang bisa ditanyakan kepada BPIW (Badan Pengembang Infrastruktur Wilayah)," ujar dia.

LPKR Lanjutkan Investasi untuk Perawatan Penghijauan di Sejumlah Kota Mandiri

Seperti diketahui, untuk pengembangan kota Baru Maja, ada beberapa pengembang di antaranya seperti Ciputra Group, Intiland, Agung Podomoro Land (APL), Sinarmas Land, PT Hanson Internasional hingga Perumnas.

"Jadi, 10 kota baru itu sudah dipesankan dalam RPJMN 2015-2019. Ada Padang, Palembang, Maja, Pontianak, Banjar baru, Makassar, Manado, Sorong, Jayapura," katanya.

Selain itu, ia mengatakan, pihaknya juga menginisiasi beberapa usulan baru yaitu Sofifi, Tanjung Selor, Sei Mangke, Kemayoran, dan Payangan.

"Kalau di Sei Mangke di situ ada investasi yang sangat besar untuk hilirisasi palm oil," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya