Cara Pemerintah Pastikan Tak Ada Lagi Kecelakaan Konstruksi

Sejumlah pekerja saat menyelesaikan proyek infrastruktur. (Ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA/Septianda Perdana

VIVA – Setelah evaluasi sejumlah proyek infrastruktur layang (elevated), pemerintah berupaya memastikan seluruh proyek dapat berjalan dengan aman. Kecelakaan diharapkan tak kembali terulang untuk proyek yang telah diputuskan untuk kembali dilanjutkan, apalagi harus menimbulkan banyak korban.

Sri Mulyani Ungkap 'Kontraksi Dalam' Belanja Modal Januari 2022

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, pihaknya memastikan semua sistem pengawasan berjalan sesuai standar operasional prosedur (SOP). Bahkan, pihaknya tak segan-segan jika ada pengawas yang lalai dalam melakukan tugasnya akan segera dicopot. 

"Makanya saya tugaskan semua kepala balai di mana ada project officer-nya. Bahwa di lapangan ketika mengangkut kendaraan ketika yang membahayakan itu harus (ada) di lapangan. Kalau pengawasnya enggak ada saya minta ganti langsung," kata Arie kepada VIVA, Jumat 2 Maret 2018.

Daftar 12 Ruas Jalan Tol Baru yang Diresmikan 2021

Ia menegaskan, sistem itu harus berjalan sesuai dengan fungsinya. Beberapa proyek infrastruktur yang telah dimulai itu menurutnya sudah layak dilanjutkan karena lolos dari evaluasi tim Komite Keselamatan Konstruksi (KKK). 

Salah satu contohnya, adalah Jembatan Holtekamp di Papua. Jembatan itu bahkan menurutnya bahkan tahan ketika harus diguncang gempa. "Kalau Holtekamp, Alhamdulillah kemarin kena gempa enggak apa-apa," ujar dia.

Sambungkan Jabar dan Jateng, Tol Getaci Telan Dana Rp56 Triliun

Adapun target penyelesaian jembatan Holtekamp yang masuk dalam rute jalan Trans Papua itu setidaknya bisa selesai pada 2018 akhir termasuk penataan kawasan di daerah tersebut. Sedangkan, target penyelesaian Trans Papua sendiri masih optimis selesai pada tahun 2019.

"(Trans Papua) 2019. Yang perbatasan-nya mungkin agak mundur sedikit. Karena volume-nya besar sekali targetnya," tuturnya.
 

Pengguna jalan tol melintas di samping gardu tol yang melayani pengisian ulang e-Money Mandiri di Gerbang Tol Cililitan, Jakarta, Selasa, 10 Februari 2017.

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Tarif tol dalam kota akan naik sebesar Rp500 pada Sabtu 26 Februari 2022 pukul 00.00 WIB pada semua golongan kendaraan.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2022