Keren Banget, Ini Bocoran Design Revitalisasi Danau Archipelago TMII

Konsep Design Danau Archipelago TMII.
Konsep Design Danau Archipelago TMII.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Setelah 40 tahun lamanya tidak pernah dilakukan revitalisasi besar-besaran, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akhirnya dirombak total. Kali ini TMII akan dikembalikan marwah dan fungsinya seperti awal.

Adapun revitalisasi ini dilakukan oleh Kementerian Sekretariat Negara, bersama dengan pengelola PT Tawan Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC), Kementerian PUPR serta Kementerian BUMN.

Salah satu revitalisasi besar-besaran yang dilakukan TMII dalam tujuh bulan kedepan adalah penataan kawasan danau archipelago. Danau ini akan disulap menjadi kawasan kekinian dan pusat dari seluruh aktivitas di TMII nantinya.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 31 Januari 2022: Global dan Antam Turun

Mengintip konsep desain dasar dari revitalisasi dan restorasi kawasan TMII yang dibuat Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, terlihat bahwa Danau Archipelago masuk ke dalam zona 2 yaitu terkait arsitektur nusantara, tradisi dan budaya.

Danau yang berada di tengah TMII ini memiliki luas sebesar 82 ribu meter persegi, dengan 4 dimensi Aswana Complex seluas 1.215 meter persegi dan Theater Bhineka Tunggal Ika seluas 17 ribu meter persegi.

Revitaslisasi kawasan danau archipelago TMII.

Revitaslisasi kawasan danau archipelago TMII.

Photo :
  • istimewa