2019 Beroperasi, Tiket LRT Jabodetabek Cuma Rp12 Ribu

Ini Progress Pembangunan LRT Jabodetabek
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Proyek pembangunan transportasi massal Light Rail Transit atau LRT di Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi terus dikebut PT Adhi Karya. Hingga saat ini proyek tersebut telah mencapai 37 persen progresnya dan pada pelaksanaannya nanti tarif tiket LRT juga direncanakan dapat terjangkau masyarakat. 

Anak Usaha Adhi Karya Bakal IPO, Cari Dana Rp1,6 Triliun Buat Ini

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan proyek LRT progres pembangunannya cukup baik saat ini. Proyek ini diharapkan bisa sesuai jadwal penyelesaian yaitu pada 2019. Selain itu, pada 2019 juga diharapkan bisa dilakukan test running di jalur yang telah dibuat.

Menurut dia, proyek yang menjadi salah satu proyek strategis nasional ini pada awal perencanaannya akan memiliki harga tiket yang tidak terlalu mahal bagi masyarakat. Sehingga, pemerintah akan menerapkan subsidi agar tidak memberatkan masyarakat.

Kabel Proyek LRT Sering Hilang, Polisi: Ternyata Dicuri Karyawan

"Waktu itu ancer-ancer Rp12 ribu masih dalam studi, mudah-mudahan itu bisa dilaksanakan," kata Budi Karya saat meninjau lokasi pembuatan jalur layang LRT di Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu, 29 April 2018. 

Budi mengungkapkan, bahwa tiket per penumpang LRT Jabodebek sebenarnya telah dipotong dari harga sebenarnya dengan subsidi. Di mana harga sebenarnya lebih mahal dari yang sudah diusulkan saat ini. "Real price nya itu kira-kira Rp25 ribu. Jadi ada subsidi 50 persen," katanya. 

LRT Jabodebek Pasang Jembatan Panjang Terakhir di Dukuh Atas

Ini Progress Pembangunan LRT Jabodetabek

Sementara itu, di tempat yang sama, Direktur SDM PT Adhi Karya, Agus Karianto menjelaskan untuk progres pembangunan pada lintas layanan I Cibubur hingga Cawang mencapai 60 persen. Lintas layanan II dari Cawang sampai Dukuh Atas sudah 22 persen, dan lintas III dari Cawang sampai Bekasi Timur mencapai 40 persen. 

Menurut Agus, dari 37 persen pembangunan LRT yang sudah dikerjakan diantaranya, pembangunan pondasi, kemudian juga pemasangan u-shape girder, dan ada beberapa material yang sudah masuk contohnya kabel isolasi yang sudah terpasang. 

Kemudian, rel LRT Jabodebek ini sudah berada di daerah Ciracas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, dan sedang dalam proses penyambungan terlebih dulu. "Ini lagi persiapan untuk nyambung dulu relnya di las semua dan baru terpasang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya