33 Proyek Pelabuhan Mangkrak, Ini Penjelasan Menhub 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan, telah menemukan 33 proyek pembangunan pelabuhan di Indonesia yang masih alami mangkrak. Proyek tersebut ada yang belum terpakai baik dan juga belum selesai pembangunannya.

Menhub Ikut Lepas Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

"Saya jelaskan lebih awal ya, kami memang mendapatkan report secara tidak terintegrasi bahwa ada proyek proyek lama yang belum difungsikan," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Minggu, 29 April 2018. 

Oleh karenanya, Budi telah menginstruksikan kepada jajaran Irjen Kemenhub untuk meneliti proyek apa saja yang belum digunakan tersebut. Berdasarkan hasil pengamatan, ada 33 proyek yang belum digunakan baik itu masih belum selesai atau yang sudah selesai. 

Jelang Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kondisi Bandara Tebelian

"Dari sekian proyek itu ada sejumlah proyek yang sudah kita pastikan untuk mendedikasikan anggaran 2019 baik dari Kementerian Perhubungan atau kementerian terkait yang lainnya," katanya.

Budi juga akan mencarikan jalan keluar permasalahan itu, karena dari tinjauan Irjen Kementerian Perhubungan ke daerah melibatkan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan juga melibatkan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. 

Dugaan Korupsi Proyek Pembangunan, Pemkot Tangsel Dilaporkan ke KPK

"Kita melakukan diskusi bagaimana pelabuhan-pelabuhan itu bisa digunakan sesegera mungkin," katanya. 

Sebelumnya, Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Wahyu Satrio Utomo telah mengunjungi 33 proyek pembangunan pelabuhan tersebut. Hal itu berdasarkan perintah dari Presiden Joko Widodo dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi calon bandara penunjang IKN.

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

Menhub menjelaskan telah melakukan penelitian atau studi penentuan lokasi calon bandara baru yang lokasinya sangat strategis yaitu berada di antara kawasan IKN.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022