Mudik Gratis Bareng ASDP, Catat Tanggal Keberangkatannya

Pemudik Kapal Laut Mulai Ramai Tinggalkan Jakarta : Pelabuhan Tanjung Priok
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVA – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk pertama kalinya di lebaran tahun ini mengadakan mudik gratis untuk 2.100 orang. Mudik gratis ini akan menyasar pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua untuk tujuan Kawasan Timur Indonesia atau KTI.

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

Direktur Utama PT ASDP, Ira Puspadewi, mengatakan mudik gratis tersebut merupakan inisiasi Kementerian BUMN yang ditujukan untuk pemudik yang menggunakan rute untuk tujuan tiga Kawasan Timur Indonesia, yaitu yang menuju ke Ternate, Baubau, dan Ambon.

Adapun rinciannya, di Ternate dengan rute Bastiong - Rum akan tersedia 600 tiket mudik. Kedua, di Baubau dengan rute Torobulu - Tampo, tersedia 600 tiket gratis. Ketiga, di Ambon dengan rute Galala - Namlea dan Hunimua-Masohi tersedia 900 tiket mudik gratis.

Arus Balik Gratis Sepeda Motor Semarang-Jakarta, Pelni Wanti-wanti Ini

"Rencananya, arus mudik (berangkat) di masing-masing lintasan akan dilayani pada tanggal 9, 11 dan 13 Juni 2018, dan arus balik akan dilayani pada tanggal 19, 21, dan 23 Juni 2018," kata Ira melalui keterangan persnya, Kamis, 31 Mei 2018.

Dia mengharapkan, masyarakat dapat berpartisipasi dalam program Mudik Bareng BUMN ini agar dapat menikmati perjalanan mudik yang aman, nyaman dan selamat dengan kapal ferry.

Arus Balik Lebaran, Baru 27 Persen Kendaraan Pribadi Kembali dari Sumatera ke Jawa

Pendaftaran bagi peserta Mudik Bareng BUMN 2018 yang dilayani PT ASDP sudah mulai dibuka di Cabang Ambon untuk lintasan Galala-Namlea dan Hunimua-Masohi pada Kamis 24 Mei 2018 hingga Sabtu 26 Mei 2018. Diikuti Cabang Ternate dan Cabang Baubau pada akhir bulan ini hingga awal pekan Juni mendatang

Selain mudik gratis bagi pemudik tujuan KTI, PT ASDP juga bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan untuk layanan mudik gratis dengan tujuan Jakarta-Semarang, dengan mengoperasikan 2 unit kapal ternak untuk mengangkut kendaraan dengan tingkat keterisian 550 unit untuk sekali jalan. Sedangkan penumpangnya akan dilayani dengan kapal Pelni.

"Seperti disampaikan dalam ratas (rapat terbatas) oleh Pak Menteri (Budi Karya), kecelakaan mudik 70 persen dari motor. Jadi kurangi angka kecelakaan itu, sumbangsih kita bagaimana menekan angka tingkat kecelakaan di Jawa dengan menyiapkan kapal Jakarta-Semarang target 2.100 orang," tuturnya.

Adapun jadwal keberangkatan mudik gratis tersebut, akan dilaksanakan pada Selasa 12 Juni 2018 menuju Semarang, dan akan kembali ke Jakarta, pada Kamis 21 Juni 2018.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis tersebut, Ira mengatakan, peserta mudik bareng hanya perlu membawa fotokopi KTP dan Kartu Keluarga untuk persyaratan data.

"Kalau yang mudik gratis Semarang-Jakarta, motor sudah ada yang dari 2.100 kuota sudah ada 1.299 yang daftar. Sepeda motor cukup banyak peminatnya, kami akan buka tanggal 1 Juni. Karena kami harus mempersiapkan kapal yang tidak pada rutenya untuk layanan mudik gratis itu, jadi rencana pemberangkatan 10 Juni," jelasnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya