Lebaran Pertama, 75.433 orang Ngumpul di Pelabuhan Bakauheni

Antrean kendaraan pemudik di Dermaga Pelabuhan Bakauheni, Lampung
Sumber :
  • tvOne/Puji (Lampung)

Bakauheni – Pada hari pertama Lebaran Idul Fitri 2024, di Pelabuhan Bakauheni, Lampung mulai terjadi kepadatan pada Rabu, 10 April 2024. Namun, kepadatan hanya terjadi di dermaga eksekutif. 

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Para pemudik ini memilih menempuh perjalanan pada Hari Raya Idul Fitri, karena kondisi arus lalu lintas lebih sepi dibandingkan saat arus mudik atau sebelum Idul Fitri.

Tampak, antrean kendaraan di Dermaga Eksekutif sempat panjang. Sementara itu, di dermaga reguler situasi terlihat lebih lancar. Tak ada antrean kendaraan, bahkan terlihat lengang.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Berdasarkan data ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, ada sebanyak 31.571 pemudik dan 5.286 kendaraan yang masih melakukan perjalan di hari lebaran dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pulau Jawa.

Antrean kendaraan pemudik di Dermaga Pelabuhan Bakauheni, Lampung

Photo :
  • tvOne/Puji (Lampung)
Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Rudi Sunarko mengatakan puncak arus mudik sebanyak 75.433 orang masuk ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni.

"Jumlah yang beroperasi sebanyak kapal 38 unit. Jumlah trip 100 kali. Sebanyak 7.861 penumpang pejalan kaki. Lalu, sebanyak 67.572 penumpang dalam kendaraan. Total jumlah penumpang sebanyak 75.433 orang," kata Rudi pada Rabu, 10 April 2024.

Lalu, kendaraan roda dua yang masuk dari Pulau Jawa ke Sumatera sebanyak 726 unit. Kemudian, roda empat yang masuk melalui Pelabuhan Bakauheni sebanyak 11.355 unit, dan kendaraan bus sebanyak 388 unit.

Sedangkan, kata dia, kendaraan truk 772 unit, kendaraan roda empat atau lebih 12.515. Sehingga total kendaraan sebanyak 13241 unit.

Laporan: Puji

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya