Antre Open House Jokowi Sempat Ricuh, Istana Minta Maaf

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gelar Open House Lebaran 2024 di Istana Negara
Sumber :

Jakarta – Open house yang digelar Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat sempat ricuh karena antrean yang membludak saat Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah pada Rabu, 10 April 2024. Atas insiden tersebut, pihak Istana pun menyampaikan permohonan maaf.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden, Yusuf Permana mengatakan pihaknya memahami antusias yang sangat besar dari masyarakat untuk bertemu Presiden Jokowi pada Lebaran 2024 ini.

"Kami memahami antusias masyarakat yang ingin hadir open house di Istana bersama Presiden dan Ibu Negara. Kami sangat menghormati dan sangat menghargai serta mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang datang ke Istana," kata Yusuf kepada wartawan Rabu, 10 April 2024.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Yusuf mengakui, ada keterbatasan dalam pelaksanaan open house Presiden Jokowi. Dia pun menyampaikan permohonan maaf karena Istana tidak dapat mengakomodir kehadiran seluruh masyarakat.

"Sebagaimana yang telah kami sampaikan, kami pun ada keterbatasan waktu termasuk untuk persiapan Salat Zuhur. Kami mohon maaf apabila tidak dapat mengakomodir semua kehadiran masyarakat," ungkapnya.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Yusuf melanjutkan, pihaknya akan menjadikan masalah ini sebagai evaluasi ke depan. Terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Tentu saja, hal tersebut akan menjadi evaluasi bagi kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," pungkas Yusuf. 

Sebelumnya diberitakan, ribuan orang hadir ke Istana Kepresidenan Jakarta, agar bisa menemui Presiden Joko Widodo saat open house. Ada juga yang datang dari jauh, hingga membawa seluruh anggota keluarganya menemui untuk bisa bersalaman dengan Presiden Jokowi. Salah satunya adalah warga Bandung bernama Wawan Dermawan (50).

Dirinya mengaku berangkat ke Jakarta dari Cicendo dengan sepeda motornya dini hari tadi sekira pukul 01.00 WIB. Momen Jokowi open house ini menurutnya tidak boleh dilewatkan, karena tahun lalu tidak ada kegiatan tersebut di Jakarta.

Wawan seorang diri memacu kuda besinya dari Kota Kembang dan tiba Subuh di Masjid Istiqlal. Dia mengaku memang sengaja mau Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal juga pada Lebaran tahun ini, karena tahu Jokowi juga salat di sana.

Momen bisa salat satu masjid dengan Jokowi menurutnya jarang terulang, sehingga tak mau ia lewatkan. "Saya naik motor jam satu pagi ke Istiqlal dulu salat di sana karena Pak Jokowi juga salat di Istiqlal," kata dia pada Rabu, 10 April 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gelar Open House Lebaran 2024 di Istana Negara

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Setelah Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Wawan baru bertolak ke Istana. Ia seorang diri tidak mengajak anak dan istrinya. Adapun, Wawan mengaku memang telah lama kagum akan sosok eks Gubernur DKI Jakarta itu. Makanya, ia rela dini hari bertolak ke Jakarta dari rumahnya.

"Saya sendiri aja, karena ribet kalau ajak istri dan anak," ujarnya.

Berbeda dengan Wawan, warga lainnya ada yang memilih hadir di open house Jokowi dengan memboyong keluarganya. Dia adalah Andy. Bersama istri dan dua anaknya, Andy mengaku sudah mengantre agar bisa bertemu Jokowi selepas Salat Idul Fitri di kedimannya kawasan Jatinegara, Jakarta Timur.

Andy mengaku satu kampung dengan Jokowi yakni dari Solo. Dia mengaku tahu ada kabar open house dari siaran televisi. Dari sana, dirinya langsung menjadwalkan untuk bisa bertemu Jokowi dulu tahun ini, baru keliling bersama keluarga silaturahmi dengan kerabat yang lain serta menghabiskan waktu liburan bersama anak.

"Saya sekampung sama Pak Jokowi. Ngefans, sama Pak Jokowi," ujar Andy menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya