Fokus Infrastruktur, Pemerintah Jadikan Sumut Benteng Ekonomi

bandara Kualanamu
Sumber :
  • aeronusantara.blogspot.com

VIVA – Pemerintah tengah mengenjot dan mengembangkan pembangunan infrastruktur di Sumatera Utara dengan tujuan untuk menjadikan wilayah ini, sebagai benteng Ekonomi Selat Malaka.

Menhub Ikut Lepas Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

Hal itu, disampaikan Menteri Perhubungan, Budi Karya dalam Dialog Nasional Indonesia Maju di Medan, Kamis 5 Juli 2018. Ia mengatakan, pembangunan itu tak lepas dari upaya mensejahterakan rakyat Sumatera Utara.

"Ini adalah bagian dari membangun infrastruktur transportasi yang Indonesia sentris," ujarnya.

Jelang Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kondisi Bandara Tebelian

Budi Karya menjelaskan, beberapa bandara dan pelabuhan akan ditingkatkan kapasitasnya oleh Kemenhub, seperti bandara Kualanamu yang ditargetkan ke depan bisa menampung penumpang sebanyak 17 juta per tahun.

Kemudian, Bandara Silangit sebagai pembuka konektivitas Danau Toba kapastiasnya akan dinaikkan menjadi 50 ribu penumpang pertahun. Namun, harus dilakukan pembangunan dengan perpanjangan runway dari 1.200 meter x 30 meter menjadi 1.700 meter x 30 meter.

Penampakan Garasi Jenderal Andika hingga Perkiraan Wisatawan Nataru

"Pelabuhan dan jalur kereta juga akan kita kembangkan. Seperti Kuala Tanjung kita akan tingkatkan kapasitasnya menjadi 700 ribu Teus per tahun," kata Budi.

Selain itu, Kementerian Perhubungan juga tengah melakukan pembangunan jalur kereta Bandar Tinggi-Kuala Tanjung akan segera terealisasi sebagai pembuka akses ekonomi dan mobilitas. Dan KA Layang Medan-Bandar Khalipah akses mobilitas dan mengurai kepadatan. "Jalur KA Binjai-Besitang salah satu akses mobilitas ekonomi menuju Aceh Sepanjang 78,4 kilometer." (mus) 

Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi calon bandara penunjang IKN.

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

Menhub menjelaskan telah melakukan penelitian atau studi penentuan lokasi calon bandara baru yang lokasinya sangat strategis yaitu berada di antara kawasan IKN.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022