Selasa Besok, Jokowi Luncurkan Program Sistem Satu Pintu

Presiden Jokowi
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat.

VIVA - One Single Submission, atau pelayanan online dengan sistem terpadu, akan diumumkan pada Selasa pekan depan, 10 Juli 2018.

Luhut: Sistem Perizinan Usaha Via OSS Masih Butuh Penyempurnaan

Presiden Joko Widodo mengatakan, peluncuran sistem yang mengintegrasikan perizinan investasi dalam satu sistem, di bawah kendali Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

"Ini nanti, insya Allah hari Selasa akan soft launching oleh Menko Ekonomi (Darmin Nasution)," kata Jokowi, di Jakarta Conevention Center, Jumat 6 Juli 2018.

Jokowi: Saya Tidak Mau Dengar Lagi Ada Suap

Program ini diserahkan ke kementerian, agar cepat terlaksana. Jokowi ingin melihat sejauh mana efektivitasnya. Hingga nanti bisa dilakukan perbaikan-perbaikan.

"Coba jalan, baru saya masuk nanti," katanya.

Resmikan OSS Berbasis Risiko, Jokowi: Tak Akan Kebiri Wewenang Pemda

Dengan sistem ini, maka semua perizinan dari pusat dan daerah akan terintegrasi. Dengan ini juga, lanjut Jokowi, akan terlihat di mana sebuah perizinan investasi itu terhambat. Apakah di pusat atau justru di daerah.

Peluncuran sistem ini, memang sempat tertunda beberapa kali. Terakhir, dalam rapat yang dilakukan dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), diputuskan untuk diambil sementara oleh Kemenko Bidang Perekonomian.

Itu dilakukan, mengingat badan pimpinan Thomas Lembong itu baru siap sekitar enam bulan. Dengan alasan SDM dan struktur organisasi lembaga. Sementara itu, Jokowi ingin cepat.

Menko Perekonomian Darmin Nasution, menyebut peluncuran akan dilakukan seusai Lebaran 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya