Kepala BKPM: Investasi Penyelamat Ekonomi RI di Tengah Krisis

Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong Investment Awards 2018
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – Investasi di Tanah Air disebut telah berhasil menjadi penyelamat ekonomi Indonesia di tengah berbagai tekanan yang dihadapi. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Trikasih Lembong di acara Investment Award 2018.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Dia menyebut, peran dari investasi  terlihat berhasil mempertahankan atau menyelamatkan ekonomi Indonesia khususnya yang terjadi di satu tahun terakhir.

"Dalam empat kuartal terakhir yang betul-betul menyelamatkan adalah investasi dan itu adalah hasil buah kerja keras bapak ibu sekalian," kata Thomas di kantor BKPM, Jakarta, Kamis 12 Juli 2018.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Ia menyebut, penghargaan yang diberikan untuk Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di daerah baik Kabupaten dan Kota, maupun stakeholder lainnya penting dilakukan untuk mengapresiasi para  petugas yang komitmen melayani proses investasi di daerah.

Dia juga mengatakan, bahwa perbaikan pelayanan di sisi investasi ini merupakan wacana Presiden Joko Widodo sekitar tiga tahun lalu yang mewacanakan transformasi ekonomi dari bersifat konsumtif menjadi lebih produktif.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

"Tiga tahun lalu, Presiden mewacanakan transformasi ekonomi yang dilakukan bergeser dari konsumsi ke produksi, ke investasi," katanya menambahkan.

Dia juga menekankan, yang sangat penting bagi investor adalah perbaikan pelayanan agar semakin nyaman berinvestasi di Indonesia. Investor menurutnya saat ini telah bisa merasakan kualitas pelayanan yang semakin baik.

"Yang sangat penting adalah pelayanan. Itu lah sentuhan wajah yang kita tampilkan kepada investor, kita bujuk dengan promosi dan insentif. Kita rayu, dia datang, kalau pelayanan tidak baik dia pulang." (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya