Logo BBC

Kylie Jenner: Bagaimana Bintang Remaja ini Dirikan Kerajaan Kosmetik

 - Getty Images
- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Kylie Jenner baru berusia 10 tahun ketika ia memulai debutnya di program TV realitas keluarganya Keeping up with the Kardashians. Satu dekade berlalu, acara itu masih berlangsung dan banyak ditonton dan bintang termudanya kini memilliki pendapatan tertinggi di keluarga yang terkenal itu.

Dalam minggu ini muncul berita betapa kayana perempuan 20 tahun itu. Meskipun kakaknya Kim yang lebih dulu tenar, majalah Forbes mengatakan Kylie sekarang memiliki aset hampir tiga kali lebih banyak dari kakaknya, sekitar $900 juta (Rp13 triliun).

Majalah itu memujinya karena akan menjadi salah satu miliuner "yang berusaha sendiri" termuda yang pernah ada. Mengingat latar belakangnya, banyak orang mencemooh sebutan itu, tetapi kecepatan keberhasilan bisnisnya lebih sulit diejek.

Kylie Cosmetics sejauh ini adalah pendapatan terbesarnya. Tidak dijual di toko-toko dan tidak diiklankan secara tradisional, karena tidak seperti kompetitor lain, kosmetik itu sepertinya tidak membutuhkannya.

Lagipula, Kylie adalah kekuatan di media sosial. Ketika dia mengetwit "menyudahi" Snapchat pada awal tahun ini, saham media sosial itu langsung jatuh.

Sebagian besar dati 110 juta pengikut Instagram-nya adalah anak muda dan perempuan, yang sangat cocok dengan target pasar.

Kesuksesannya dapat dilihat jelas dalam tren yang lebih besar dalam industri kecantikan global, yang telah mengalami perubahan besar ketika orang-orang yang berpengaruh di media sosial dan menjadi lebih penting bagi kesuksesan merek.