Tujuh Jawara Desain Produk dari Indonesia Bakal Tanding di Jepang

Pemenang Good Design Indonesia (GDI) 2018.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA – Kementerian Perdagangan menggelar ajang penghargaan Good Design Indonesia (GDI) 2018 yang diikuti oleh desain produk-produk yang dibuat oleh anak bangsa. Sebanyak tujuh pemenang dari kompetisi ini akan bersaing pada ajang desain internasional di Jepang yaitu G-Mark. 

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Kemendag Arlinda mengatakan, jasa desain produk diharapkan tidak hanya mendorong kinerja ekspor non migas, namun juga akan memengaruhi nilai jual produk Indonesia di pasar internasional. 

"Kalau misalkan kita sudah berhasil menang di G-Mark ini, tidak hanya untuk perusahaan tapi untuk Indonesia. Produk kita bisa diterima dan masuk di pasar Jepang," kata Arlinda di kantornya, Jakarta, Rabu 18 Juli 2018. 

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

Adapun pemenang GDI 2018 yang ditetapkan GDI of the Year yaitu Terios dari PT Astra Daihatsu. Sementara itu, untuk pemenang GDI Best yaitu Dashdot dari PT Mujur Kurnia Ampuh, Panjai Rope Lounge Chair dari PT Kriya Selaras International, dan News Mozaic Handwoven Wallcovering dari PT Retota Retail Indonesia.

Kemudian, Arang Gambar (charcoal) dari PT Lagi-Lagi, Jengki dari Santai Furniture, dan Kalung Arkan Kulit Kerang Mabe Half Pearl Motif Rambut dari Lombok-NTB Pearls By Riana Meilia. 

PB KAMI Laporkan Dugaan Oknum Pejabat yang Terima Suap Pengusaha Oli dan Sparepart Palsu

Selain ketujuh produk tersebut, terdapat 19 produk yang mendapat predikat GDI. Para pemenang tersebut terbagi dalam enam kategori yaitu transportasi, dekorasi dan furnitur rumah, peralatan rumah tangga, elektronik, aksesori dan gaya hidup, serta grafik dan kemasan.

"Melalui pemberian penghargaan ini, diharapkan dapat mendorong munculnya produk Indonesia berbasis desain inovatif yang kemudian mendapatkan pengakuan global untuk bersaing di dunia internasional," ujar Arlinda.

Adapun dewan juri GDI 2018 tersebut terdiri atas Ketua Umum Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia Dino Fabriant, Direktur Pengembangan Produk Ekspor Ari Satria, mantan Presiden dan anggota kehormatan Asian Packaging Federation Ariana Susanti, dan Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia Chairul Amal Septono. 

Adapula Kepala Divisi Technical Government Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Jaka Purwanto, Ketua Asosiasi Desain Grafis Indonesia Rege Indrastudianto, anggota Badan Sistem Informasi dan Hubungan Masyarakat Ikatan Arsitektur Indonesia Renhata Katili, perwakilan Tama Art University Japan Hiroaki Watanabe dan Managing Editor for Feature Desk Femina Yoseptin T. Pratiwi.

Nantinya, produk-produk pemenang GDI 2018 akan ditampilkan pada Trade Expo Indonesia (TEI) ke-33 di Indonesia Convention & Exhibition (ICE) BSD Serpong Tangerang, Banten, pada 24-28 Oktober 2018. Pada pameran tersebut, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional akan menyediakan paviliun khusus untuk produk-produk pemenang GDI. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya