Arcandra Persilakan Pertamina Cari Mitra Kelola Blok Rokan

Wamen ESDM Arcandra Tahar.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ADV

VIVA – PT Pertamina dipersilakan untuk mencari mitra kerja di Blok Rokan pada 2021. Artinya, masih dibuka peluang Pertamina untuk bekerja sama dengan kontraktor lain.

Kabar Gembira untuk Konsumen BBM Pertalite yang Dijual Rp10 Ribu per Liter

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, tak mengharuskan mitra kerja di blok tersebut adalah kontraktor eksisting atau Chevron Pacific Indonesia. Seluruhnya, tergantung dari aksi korporasi Pertamina ke depan.

"Untuk saat ini, Blok Rokan diberikan pengelolaannya kepada Pertamina pada 2021. Setelah itu, aksi korporasi kami serahkan kepada Pertamina," kata Arcandra di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Rabu 1 Agustus 2018.

Pertamina Tegaskan Pertalite Tetap Disalurkan ke Seluruh Wilayah RI

Ia melanjutkan, posisi pemerintah saat ini adalah menyerahkan pengelolaan Blok Rokan ke Pertamina sebesar 100 persen dan di dalam bagian itu ada porsi atau hak partisipasi pemerintah daerah sebesar 10 persen, yang dikelola melalui BUMD Riau yang ditunjuk.

"Sisanya itu (90 persen) adalah aksi korporasi Pertamina," ujar Arcandra, yang juga wakil komisaris utama Pertamina itu.

Tambah Dua VLGC, Pertamina International Shipping Jadi Top Tier Pengangkut LPG Asia Tenggara

Ia melanjutkan, penunjukan Pertamina sebagai pengelola Blok Rokan pada 2021, dilakukan berdasarkan rasionalitas. "Pertimbangannya adalah rasionalitas, bukan emosi. Bahwa proposal Pertamina lebih baik daripada Chevron," tuturnya.

Menteri Desa & PDTT Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd beri penghargaan ke Pertamina

Kemendesa & PDTT Apresiasi Dukungan Pertamina Percepat Pertumbuhan Ekonomi di Wilayah Transmigrasi

Kemendesa & PDTT Apresiasi Dukungan Pertamina Untuk Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat di Wilayah Transmigrasi

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024