BTN Dklaim Sebagai Bank dengan Tata Kelola Terbaik 2018

Bank Tabungan Negara (BTN)
Sumber :
  • www.nindyakarya.co.id

VIVA – PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk meraih peringkat pertama untuk kategori The Best GCG atau Tata Kelola Perusahaan Terbaik BUMN Terbuka 2018. Prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang terapkan, dinilai melebihi BUMN lainnya yang telah melantai di pasar modal. 

Ekspansi Bisnis di Parepare, BTN Targetkan Salurkan KPR Baru Rp48 M

Selain menyabet The Best GCG, dalam ajang tersebut BTN juga meraih penghargaan Pengembangan Talenta Terbaik dan The Best CEO untuk kategori Driving Execution. Pengharaan itu diberikan dalam ajang Anugrah BUMN 2018 yang digelar Kamis malam, 9 Agustus 2018.

"Penghargaan ini membuktikan bahwa proses transformasi yang kami lakukan berhasil. Ini menjadi pemicu semua jajaran BTN baik karyawan dan manajemen untuk bekerja lebih baik lagi," ujar Direktur BTN R. Mahelan Prabantarikso dikutip dari keterangan resminya, Jumat 10 Agustus 2018. 

Gara-gara Hal Ini, Nasabah Loyal BTN Meningkat 222 Persen

Mahelan mengatakan, tata kelola di BTN itu merupakan satu program yang harus dilakukan mulai dari level atas sampai bawah dan itu implementasinya terus dievaluasi. 

"Implementasi GCG tersebut kami bungkus dengan transformasi yang mencakup infrastruktur, people dan bisnis," katanya. 

BTN Targetkan Kredit pada 2022 Tumbuh hingga 11 Persen

Menurut Mahelan, dari sisi tata kelola governance, BTN terus membenahi ketentuan-ketentuan perusahaan yang sudah dimiliki. Kemudian yang sudah diatur harus diimplementasikan dengan baik dengan tidak pandang bulu. 

Khusus yang untuk GCG yang dari tataran atas sampai bawah itu Bank BTN sudah mendapatkan evalusi rangking ASEAN (Asean CG Score). Di Indonesia, BTN saat ini masuk rangking ketiga dengan nilai lebih dari 105. 

"Ini peluang GCG Bank BTN masuk ke dalam Top 50 Company in Asean yang diikuti oleh enam negara, dimana tiap negara itu ada 100 perusahaan terbuka yang ikut," papar Mahelan.

Sementara itu, terkait dengan raihan penghargaan BTN sebagai Talenta Terbaik, lanjut Mahelan, hal ini dilihat dari BTN memberikan banyak kesempatan kepada yang muda, dimana 70 persen pegawai perseroan di bawah usia 30 tahun. 

"Ini dinilai sebagai sebuah investasi yang berani dari perseroan yang dinahkodai oleh Bapak Maryono sebagai CEO, dan ini dipandang suatu hal yang berani," katanya.

Sedangkan untuk penghargaan sebagai Driving Execution, Mahelan menuturkan, lebih dinilai dari hasil yang telah dicapai perseroan melalui kinerja keuangan. 

Secara umum hasil yang diraih Bank BTN sepanjang 2017, dimana salah satunya harga saham meningkat 115 persen, paling tinggi di antara bank BUMN dengan status perseroan terbuka, karena itu dari capaian-capaian ini disampaikan bahwa implementasi yang BTN lakukan sudah benar dan targetnya tercapai.      

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya