Jokowi Minta Kaum Muda Indonesia Siap dengan Revolusi Industri 4.0

Presiden Jokowi dalam acara Young On Top Nasional Conference (YOTNC) 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bayu Nugraha

VIVA – Presiden Joko Widodo mengingatkan kaum muda Indonesia untuk terus beradaptasi terhadap perkembangan teknologi yang saat ini sudah berkembang dan maju. Menurut dia, kemajuan suatu negara kini juga bergantung pada seberapa cepat kaum muda mengantisipasi teknologi yang terus berkembang.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Demikian pesan Presiden Jokowi saat membuka dan memberikan arahan dalam acara Young On Top Nasional Conference (YOTNC) 2018 di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Sabtu 25 Agustus 2018.

"Revolusi industri 4.0 sudah bergerak dan sudah ada di depan mata. Kita tahu artificial intelligent. Kita baru belajar, keluar lagi advance robotic, baru belajar keluar lagi 3D printing, yang kalau kita tonton sekarang, bangun rumah hanya 24 jam. Satu bangun rumah dan sudah kejadian. Ada virtual reality. Cloud computing," kata Jokowi di hadapan ratusan anak muda.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Ia pun menceritakan pengalaman saat bertemu dengan bos Facebook Mark Zuckenberg, 2,5 tahun lalu. Saat itu, ia diajak Mark bermain virtual reality olahraga tenis meja. Ia pun kagum lantaran bisa bermain tenis meja hanya memakai kaca mata tanpa ada peralatan bermain tenis meja.

"Diajak main pingpong tapi tidak ada mejanya, tidak ada bolanya, tidak ada betnya. Bayangkan. Tapi persis 100 persen main pingpong. Saya tanya kepada Mark. Apa ini hanya untuk pingpong? 'Oh enggak Presiden Jokowi ini bisa main bola, tenis lapangan, apa aja'," ujarnya. 

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Dia melanjutkan, "Artinya sebentar lagi keluar virtual reality untuk main bola. Kita nendang tidak ada bolanya. Bayangkan. Ini kemajuan teknologi yang saya betul-betul kaget saat masuk markas FB." 

Ia menambahkan pengalamannya ketika berkunjung ke markas Google. Pada saat itu, ia ditunjukkan teknologi yang bisa mengetahui keberadaan satu ikan di lautan. "Ikan satu bisa diketahui di mana. Pergerakan ikan di lautan bisa lari ke mana. Nelayan dikasih tahu itu bisa jaring sana sini ketemu ikannya," ujarnya.

Untuk itu, ia pun meminta kaum muda mengantisipasi perkembangan teknologi yang makin berkembang. Hal yang menjadi sorotan Jokowi yaitu bagaimana anak muda melihat peluang bisnis perkembangan teknologi. Sebab, kata Jokowi, tantangan teknologi ke depan hanya bisa dihadapi oleh anak muda.

"Ini lah yang akan membawa sebuah negara maju atau tidak maju ke depan kalau kita bisa antisipasi, menyiapkan, merencanakan bagaimana menghadapi revolusi industri 4.0," katanya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya