Kementerian BUMN Sebut Premium Batal Naik karena Pertamina Belum Siap

Ilustrasi SPBU Pertamina
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjelaskan alasan pemerintah untuk menunda kenaikan harga bahan bakar minyak berjenis premium. Itu karena belum siapnya PT Pertamina melakukan kenaikan harga dua produknya pada saat yang bersamaan di hari yang sama.

Harga BBM Shell dan BP-AKR Turun, Ini Daftar Lengkapnya

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan, mengumumkan untuk menunda kenaikan harga BBM berjenis premium. Padahal, satu jam sebelumnya telah diumumkan akan menaikkan harga premium dari Rp6.550 menjadi Rp7.000 di daerah Jawa, Madura, dan Bali.

"Jadi kita baru tahu setelah Pak Jonan menyampaikan pengumuman bahwa rencananya akan naik, kami langsung tanyakan Ibu Menteri BUMN (Rini Soemarno), ini bisa dilaksanakan atau tidak," kata Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno, saat ditemui di Nusa Dua, Bali, Rabu 10 Oktober 2018.

Terpopuler: Harga BBM Non Pertamina Maret 2024, Motor yang Tak Bisa Ikut Mudik Gratis

"Karena Pertamina baru umumkan Perta series itu naik hari ini, oleh karena itu ibu menteri cross check ke Pertamina, kami (Pertamina) tidak siap naikkan dalam dua kali," ucapnya.

Padahal sebelumnya, Jonan mengatakan bahwa tidak ada kendala dari Pertamina terkait adanya ketetapan kenaikan harga BBM jenis premium tersebut, yang langsung diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo. Sebab menurutnya, dia sudah membicarakan hal tersebut dengan Pertamina sebelum melakukan pengumuman tersebut.

Daftar Harga BBM Shell, Vivo dan BP AKR per Maret 2024
SPBU Pertamina.

Daftar Harga BBM Non Subsidi Pertamina Seluruh Indonesia H-1 Lebaran 2024

PT Pertamina (Persero) beberapa waktu lalu mengumumkan, bahwa harga BBM non subsidi tidak mengalami perubahan pada awal April 2024. Keputusan ini diambil dengan mempertim

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024