Asian Games 2018, Pengeluaran Pengunjung Mancanegara Rp1,9 Triliun

Menteri PPN/Kepala Bapppenas Bambang Brodjonegoro.
Sumber :
  • M Yudha Prastya.

VIVA – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menjelaskan, sebulan pasca penyelenggaraan Asian Games 2018, pihaknya mencatat sejumlah dampak positif dari perhelatan akbar olahraga tersebut.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Bambang mengatakan, total pengeluaran pengunjung mancanegara selama penyelenggaraan Asian Games adalah Rp1,9 triliun, di mana pengeluaran paling besar adalah untuk belanja souvernir dan penginapan atau hotel dengan rata-rata 13 hari menginap.

Sementara total pengeluaran wisatawan domestik mencapai Rp1,8 triliun, dengan pengeluaran paling besar adalah untuk penginapan atau hotel dengan rata-rata 3 hari menginap, dan terbesar kedua untuk kebutuhan makanan dan minuman.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Secara keseluruhan, total dampak langsung Asian Games dari 2015-2018, karena kita dapat mandatnya 2015 menggantikan Hanoi, Vietnam, selama tiga tahun periode tersebut dampaknya mencapai Rp40,6 triliun," kata Bambang di kantornya, Jakarta, Selasa 16 Oktober 2018.

Bambang pun merinci bahwa dari Rp40,6 triliun itu, sebanyak Rp29,1 triliun merupakan investasi infrastruktur, Rp7,8 triliunnya merupakan total operasional penyelenggaraan, dan Rp3,7 triliun berasal dari dari wisatawan domestik dan mancanegara.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

"Ini dampak langsungnya," tambahnya.

Mengenai pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, Bambang menjelaskan bahwa penyelenggaraan Asian Games kemarin telah berpengaruh terhadap pertambahan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebanyak 0,05 persen dari GDP.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,2 persen setelah Asian Games, dan ini memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tahun 2018 saja ada sampai Rp8,2 triliun penciptaan nilai tambahnya. Kalau dari rentang 2015-2019 penciptaan nilai tambahnya Rp42,4 triliun," ujarnya.

Seperti diketahui, dari wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia selama penyelenggaraan Asian Games 2018, wisman terbanyak tercatat berasal dari China, Jepang dan Korea. Setelah itu masih ada Malaysia, India, Arab Saudi, Thailand, Singapura, Belanda, dan Filipina.

Dalam penyelenggaraan Asian Games 2018, tercatat ada 45 negara dan 40 cabang olahraga, 11.326 atlet, enam ribu orang offisial, 1,7 juta orang pengunjung domestik untuk Jakarta, Palembang dan Jawa Barat, 11.567 orang voluntir, tujuh ribu media, dan wisatawan mancanegara khusus Asian Games yang hampir mencapai 80 ribu orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya