Menhub Gandeng Surveyor Indonesia Digitalisasi Jembatan Timbang

Jembatan timbang
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenhub

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, membuka peluang kerja sama dengan PT Surveyor Indonesia untuk digitalisasi jembatan timbang hingga sertifikasi kapal. PT Surveyor Indonesia diketahui adalah perusahaan pelat merah yang bergerak di bidang jasa survei, inspeksi, dan konsultasi.

Parah! Ada Oknum yang Meloloskan Uji Tipe Kendaraan Tidak Sesuai Aturan

Budi mengatakan, Kemenhub mendorong adanya sistem digitalisasi jembatan timbang agar kepatuhan pengguna truk meningkat. Ia mengakui sistem jembatan timbang saat ini masih manual dan butuh perubahan signifikan.

"Saya memang jujur sampaikan apabila dikerjakan manual seperti sekarang yang terjadi pengulangan kekecewaan yang ada pada jembatan timbang itu," kata Budi di Gedung Graha Surveyor Indonesia, Jumat 19 Oktober 2018.

Terungkap, Pria yang Ngajak YouTuber Korea ke Hotel Ternyata Pejabat Kemenhub

Dengan sistem digitalisasi, maka pemeriksaan truk yang over dimensi dan over load (ODOL) bisa dimonitor dengan lebih cermat. Sebab, pemeriksaan bisa dilakukan dengan sistem digital.

"Ini dua kesempatan bagi Surveyor Indonesia yaitu jembatan timbang dan sertifikasi kapal. Kalau dilakukan dengan cara baru menjadi suatu panggung baik bagi surveyor dan Kemenhub," tuturnya.

Melayat ke Rumah Duka Putu Satria, Menhub Budi Karya Janji Percepat Pembenahan STIP

Dengan digitalisasi, menhub mengatakan seluruh tindakan pelanggaran bisa terekam dan dipantau oleh sistem pusat. Ia juga yakin truk yang kelebihan beban bisa dipantau secara lebih terukur dengan data yang terkonsolidasi.

"Sehingga bisa memberikan tindakan tertentu," katanya.

Pria Plontos Ajak Youtuber Korea ke Hotel Ternyata Pejabat Bandara Kolaka

Kemenhub Bebastugaskan Pejabat yang Ajak YouTuber Korsel ke Hotel

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membebastugaskan Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara, Asri Damuna.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024