Menhub Akui Ada Wacana Buat MRT di Tangerang Selatan

Presiden Jokowi menjajal kereta MRT Bundaran HI-Lebak Bulus
Sumber :
  • VIVA / Fikri Halim

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bersama Presiden Joko Widodo menguji coba Mass Rapid Transit atau MRT di Jakarta, Selasa 6 November 2018. MRT koridor Lebak Bulus-Bundaran HI ini, akan menjadi yang pertama di Indonesia.

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

Budi memastikan, MRT koridor selanjutnya, masih akan dibangun di Jakarta. Menurut dia, belum ada rencana proyek MRT di luar Jakarta, atau di daerah-daerah lain. "Ya, pertama kali Jakarta dulu ya. Kalau di daerah-daerah, kita akan LRT dulu," katanya di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, usai uji coba MRT.

Namun, dia tidak menampik, ada pembicaraan untuk membuat koridor MRT di daerah penyangga Jakarta, seperti Tangerang atau Tangerang Selatan. "Ya, Tangerang, ada pembicaraan tadi. Yang dari selatan ini, dari Lebak Bulus nanti Tangsel," ujarnya.

Wali Kota Berharap Proyek MRT 'Beneran' Sampai Tangsel: Itu Kita yang Usul

Budi tidak memberi detail bagaimana rencana tersebut. Dia hanya menegaskan, rencana MRT di Tangerang Selatan, masih harus menunggu investor yang berpartisipasi. "Kami harapkan, kalau ada investor lah ya. Sharing dari investor," katanya.

Sebelumnya, Jokowi memuji MRT tersebut sangat nyaman. Dengan jarak tempuh 16 km, perjalanan MRT makan waktu sekitar 20 menit.

Dirut MRT Jakarta Beberkan Alasan Revitalisasi Kawasan Blok M

"Trayek ini selesai 97 persen lebih kurang tiga persen, 2019 mulai operasional uji coba terus dan saat tadi kami naik dengan kecepatan 60 km per jam, suaranya dapat dikatakan tidak ada bisingnya. Tidak terdengar dan treatment sangat bagus sekali," kata Jokowi, di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa, 6 November 2018. (asp)

Dok. Istimewa

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono menghadiri Transit Oriented Development (TOD) Investment Forum di Tokyo. Heru lihat penandatanganan tujuh dokumen kerja sama proyek MRT.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024