Logo BBC

11.11: Hari Belanja Online Terbesar Dunia

Di Indonesia, Alibaba berinvestasi di ritel online Lazada. - LAZADA.CO.ID
Di Indonesia, Alibaba berinvestasi di ritel online Lazada. - LAZADA.CO.ID
Sumber :
  • bbc

Di Cina tanggal 11-11 (11 November) disebut Singles day (hari para lajang) dimana angka satu melambangkan sendiri atau lajang. Dan empat angka satu melambangkan kebersamaan empat/para lajang.

11.11 menjadi hari belanja online terbesar di dunia, termasuk di Indonesi, setelah pada 11 November 2009 , menawarkan diskon besar-besaran di platform mereka selama 24 jam, dimulai pada tengah malam.

Pada 2017, Alibaba mencatat rekor penjualan sebesar 168,2 miliar yuan, atau sebesar Rp375 triliun dalam satu hari Singles Day berlangsung. Dan jumlah ini akan terus meningkat setiap tahun.

Namun para konsumen bukan hanya menyerahkan uang mereka ke Alibaba. Singles Day mungkin menjadi hari pengumpulan data (data collection) terbesar bagi Alibaba.

Alibaba mengatakan hal ini dilakukan untuk menyesuaikan rekomendasi produk mereka kepada Anda untuk pengalaman berbelanja yang lebih baik dan nyaman.

Pengumpulan data ini bukanlah hal yang unik. Perusahaan e-commerce lainnya, seperti Amazon, juga melakukan hal yang sama.

Namun apa yang dilakukan Alibaba, pada skala yang berbeda.