‎BI Catat 1,4 Juta Kartu GPN Berhasil Ditukarkan di Sumut

Bank Mandiri luncurkan kartu debet berlogo GPN.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arrijal Rahman

VIVA – Hingga bulan Oktober 2018 ini, tercatat sebanyak 1.401.339 Kartu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) disalurkan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumut dengan melakukan penukaran kartu anjungan tunai mandiri ke kartu GPN kepada masyarakat.

Komitmen Dorong Inklusi Keuangan, Bank Mandiri Perkuat Peran Mandiri Agen

Hal itu, diungkapkan Asisten Manager Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelola Uang Rupiah Kantor Perwakilan BI Sumut, Yudha Wastu Prawira. Ia mengatakan angka penukaran kartu GPN tersebut, akan bertambah terus hingga bulan Desember 2018 mendatang.

"Penukaran dilakukan sejak bulan Juni 2018. Masyarakat bisa memiliki GPN dengan membuka rekening baru dan menukarkan kartu debitnya dengan Kartu GPN di perbankan," ucap Yudha kepada wartawan, Jumat siang, 16 November 2018.

Berkat Transformasi, Transaksi BTN Mobile Naik 158,6 Persen per Maret 2024

Yudha menjelaskan ada 3 manfaat bagi masyarakat selaku nasabah untuk menggunakan kartu GPN dalam transaksi, pertama efisiensi. Dengan kartu GPN menghubungkan seluruh infrastruktur perbankan lainnya yang di Tanah Air ini.

"Jadi kenapa masyarakat harus menggunakan kartu GPN. Kita tidak mau sebelum ada efisiensi tidak dapat transaksi, karena kartu dengan mesin edisi," ungkap Yudha.

Langkah MRT Jakarta Atasi Sistem Pembayaran yang Buat Antrean Panjang

Yang kedua, Yudha mengungkapkan dapat menghemat devisa mencapai Rp 13 triliun hingga Rp15 triliun untuk keluar negeri secara nasional. Dengan itu, ada penghematan devisa secara ekonomi dalam keuntungan penggunaan GPN.

"Ketiga terkait dengan kedaulatan. Namanya orang Indonesia pasarnya orang Indonesia, seluruh data ada di Indonesia.? Seperti tahun 2017, ATM BCA mati, masyarakat tidak bisa bertransaksi. Jadi, ada dana tidak berjalan. Cuma 400 ATM," sebut Yudha.

Untuk di Indonesia, Yudha mengungkapkan transaksi debit itu di ATM secara nasional seribuan triliun per tahun. Dengan per harinya, bisa Rp20 triliun. "Dari GPN masyarakat bisa memanfaatkan ?untuk menekan kos transaksi," tutur Yudha.

Kemudian, untuk pengguna kartu GPN di Sumut sudah mencapai 30 hinga 40 persen dari masyarakat pengguna kartu debit di Sumut. Ia mengimbau perbankan untuk tetap semangat mengajak nasabahnya untuk menukar kartu ATM ke kartu GPN.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya