Jokowi Sebut Rest Area Tol Trans-Jawa Hanya untuk UMKM

Sejumlah kendaraan melintas di jalan tol Trans-Jawa ruas Ngawi-Kertosono di Kabupaten Madiun, Jawa Timur
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Siswowidodo

VIVA – Presiden Joko Widodo kembali menegaskan bahwa semua area rehat atau rest area di sepanjang ruas jalan tol trans-Jawa, hanya untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan produk-produk lokal tiap daerah.

Layani Pemudik, 239 SPKLU Disiapkan di Rest Area Sepanjang Tol Trans Jawa dan Sumatera

Kepala Negara mengingatkan itu, karena konsep awal tol trans-Jawa memang dimanfaatkan sebagiannya untuk menyokong perekonomian masyarakat setempat.

"Arahnya adalah rest area digunakan untuk usaha-usaha mikro kecil, serta menengah yang itu merupakan unggulannya kabupaten atau unggulannya daerah," kata Jokowi usai meresmikan empat ruas tol Jawa Timur di kilometer 671, Jombang, Kamis 20 Desember 2018.

INFOGRAFIK: Jadwal Sistem One Way dan Contra Flow Tol Trans Jawa Mudik-Arus Balik Lebaran 2024

Selama ini, yang ada di rest area kebanyakan adalah produk luar negeri. Karena itulah ruas baru trans-Jawa mesti didominasi UMKM. Produk-produk lokal harus ditunjukkan kepada publik luas sehingga tak kalah dengan produk asing.

Jalan tol trans-Jawa menghubungkan Merak di Banten hingga Surabaya di Jawa Timur. Titik nol dari Jakarta berada di Cawang.

Bus New Shantika Terjun Bebas dari Tol Trans Jawa di KM 320 Pemalang

Jokowi memang menjanjikan tol itu tersambung pada Desember 2018. Satu ruas lagi yang masih dibangun, menghubungkan Surabaya dengan Banyuwangi, wilayah paling timur, diperkirakan rampung 2019. (asp)

Antrian Panjang di Gerbang Tol Cikampek Utama Saat Arus Balik Lebaran 2024

Jasa Marga Catat 961 Ribu Kendaraan Kembali ke Jabotabek pada H1 hingga H+3 Lebaran

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat, sebanyak 961.852 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada H1 sampai dengan H+3 Hari Raya Idul Fitri, Rabu hingga Minggu 14 April.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024