Kata Istana Tanggapi Sandiaga Sebut Bangun Infrastruktur Tanpa Utang

Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko
Sumber :
  • Adi Suparman (Bandung)/VIVA

VIVA – Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga S Uno selalu mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, bisa dilakukan tanpa harus menggunakan dana utang. Ia mengklaim, pernah melakukan itu saat pembangunan jalan tol Cikopo-Palimanan.

Rasio Utang Pemerintah 2025 Ditargetkan Naik Jadi 40 Persen, Kemenkeu Buka Suara

Menanggapi pernyataan tersebut, Kepala Staf Presiden, Moeldoko mengatakan, sebenarnya bisa saja pemerintah tidak membangun infrastruktur. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang ada, cukup untuk bayar utang saja. Tetapi masa depan bangsa, menurutnya, menjadi tidak jelas.

"Sama kayak dengan di rumah lah, (anak) enggak usah sekolah supaya bayar utang. Masa depan anakmu jadi enggak jelas, kan begitu," ujar Moeldoko, Jumat 4 Januari 2019.

Ini Penyebab Aset PLN Nusantara Power Melesat Jadi Rp 350 Triliun

Dia pun menjelaskan, setiap utang yang diambil pemerintah, selalu ada hitung-hitungannya. Seperti, kemampuan bayar pemerintah hingga investasi yang akan dihasilkan nantinya. 

"Return of investment kan bisa dihitung, jadi jangan terus kita kayak orang takut berutang," katanya.

Utang Luar Negeri RI Februari 2024 Naik Jadi US$407,3 MIliar, Ini Penyebabnya

Menurut dia, setiap utang yang ditarik pemerintah selalu akan berpikiran untuk kelangsungan masa depan yang lebih baik. Untuk itu, ditegaskannya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. (art)

Tangkapan layar viral video emak-emak di Makassar ngamuk ancam parang penagih utangnya.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

Beredar video viral di medsos, memperlihatkan seorang emak-emak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mengamuk sambil membawa parang. Emak-emak itu emosi ditagih hutangnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024