Pemerintah Rencanakan Semua Jemaah Umrah Jabar lewat Bandara Kertajati

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Bandara Kertajati, Majalengka, Rabu, 9 Januari 2019.
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyarankan warga Jawa Barat yang akan beribadah umrah di Arab Saudi agar berangkat melalui Bandara Internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka. 

Indonesian Hajj Pilgrims to Receive Smart Card from Saudi Arabia

Bandara Kertajati lebih dekat lokasinya dengan sebagian besar wilayah Jawa Barat ketimbang Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten. Waktu tempuh dari lokasi masing-masing ke bandara pun lebih cepat.

"Katakan umrah Jawa Barat akan kita kumpulkan di sini (Bandara Kertajati). Bahkan kargo juga kita akan pusatkan di sini, karena industri yang ada di Jawa Barat sangat masif sekali," ujar Budi di Bandara Kertajati, Majalengka, Rabu, 9 Januari 2019. 

Indonesia, Saudi Arabia to Explore Deeper Cooperation in Hajj Aviation

Kementerian Perhubungan akan berkoordinasi dengan berbagai pihak perihal rencana warga Jawa Barat berangkat beribadah umroh melalui Bandara Kertajati. Pemerintah tak dapat menentukan secara sepihak dan karenanya perlu pertimbangan banyak pihak, termasuk kalangan swasta.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengisyaratkan setuju dengan saran menteri Budi. Sebab, berdasarkan catatannya, sedikitnya 600 ribu warga Jawa Barat pergi umrah per tahun, namun kebanyakan berangkat melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Pastikan Tak Ada Lagi Haji Ilegal Tahun Ini

Ridwan Kamil menjelaskan, rencana itu sedang dibahas dengan Kementerian Perhubungan agar masyarakat yang beribadah umrah bisa diarahkan ke Bandara Kertajati. "Itu saja, kalau berhasil, bandara ini akan sibuk berlipat-lipat," katanya.

Peziarah mencium tugu penanda bukit Jabal Rahmah di kawasan Padang Arafah, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi, Sabtu, 4 Mei 2019.

5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Jika Anda Akan Beribadah di Tanah Suci

Perjalanan haji merupakan ibadah istimewa yang menuntut persiapan matang. Di luar kondisi fisik dan mental yang prima, jemaah perlu mempersiapkan perlengkapan yang tepat.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024