Mendikbud Minta Gaji Honorer Setara UMR, Ini Tanggapan Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Ruang Kerjanya.
Sumber :
  • Dok. Kementerian Keuangan

VIVA – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, angkat bicara mengenai permintaan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendy, yang meminta gaji guru honorer sesuai dengan upah minimum regional atau UMR di daerahnya masing-masing.

Hari Perempuan Internasional, Sri Mulyani Bicara Pemimpin Wanita

Menurut Sri, usulan dari Muhajir tersebut saat ini masih dikaji oleh Kemenkeu bersama dengan menteri terkait lainnya.

"Kami terus mendiskusikan, membahasnya untuk melihat semua aspek. Jadi kami akan coba untuk terus bersama-sama dengan menteri terkait mengatasi persoalan honorer ini," kata Sri usai menghadiri acara Rakernas Kementerian Agama di Hotel Shangri La, Jakarta Pusat, Rabu malam, 23 Januari 2019.

Viral Guru Honorer Lagi Hamil Tua Dipecat Pejabat Sekolah

Menurut Sri, selain membahas masalah gaji honorer yang diusulkan Muhajir, pihaknya juga membahas mengenai kualitas guru honorer. Karena guru honorer merupakan tenaga pengajar yang mendidik anak-anak Indonesia, sehingga mereka harus memiliki kualitas yang baik. 

"Sekaligus memecahkan masalah kualitas, karena kan ini bukan masalah mereka akan digaji atau tidak, tetapi persoalan apakah mereka juga bisa terus menjadi alat atau jadi sumber daya yang bisa mendidik anak-anak didik kita," kata Sri.

Kemendikbud: Guru Honorer Tak Lulus Seleksi PPPK Jangan Berkecil Hati

"Kan mereka adalah profesinya guru, jadi itu harus terus ditingkatkan. Jadi tadi kami cukup banyak yang dibahas," ujarnya. (ase)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Sri Mulyani: Perempuan Harus Buktikan Layak Jadi Pemimpin

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, perempuan Indonesia harus terus meningkatkan kompetensi dan kualitas diri, terutama mengenai peran kepemimpinan.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022