Medco Borong Saham Ophir Energy Plc Senilai Rp7,25 Triliun

Pekerja Medco Energi
Sumber :
  • Company Profile Medco Energi 2010

VIVA – Medco Energi Global Pte Ltd, yang merupakan anak usaha PT Medco Energi Internasional Tbk, resmi mengakuisisi seluruh saham dari perusahaan migas asal London, Ophir Energy Plc, pada Rabu 30 Januari 2019.

Innalillahi, Arifin Panigoro Meninggal Dunia

Berdasarkan keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia, Kamis 31 Januari 2019, kedua pihak sepakat melakukan transaksi penjualan seluruh saham Ophir, dengan harga £55 pence per saham, dengan total mencapai senilai £390,6 juta.

Nilai pembelian saham Ophir ini, terbilang berada di harga premium, karena 65,7 persen lebih tinggi dari harga penutupan Ophir sebesar £33,2 pence per tanggal 28 Desember 2018.

Akuisisi Aset ConocoPhillips di Indonesia, Ini Rencana Medco Energi

Selain itu, harga tersebut juga 61,2 persen lebih tinggi dari volume rata-rata, tertimbang harga saham satu bulan, yakni sebesar £34,13 pence.

Di sisi lain, Medco Global juga akan melakukan pelunasan kewajiban transaksi ini dengan dana dari sumber kas MEDC, Medco Global, dan suntikan dana lain dari Bank Standard Chartered.

Perkuat Posisi, MedcoEnergi Akusisi Aset ConocoPhilips

Sehingga, usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), yang nantinya akan dilakukan Ophir Plc, guna mendapatkan persetujuan para pemegang saham atas transaksi tersebut, diharapkan transaksi antarkedua belah pihak ini bisa rampung pada semester I-2019.

Diketahui, setelah sebelumnya proses penawaran Medco sempat ditolak, karena dinilai terlalu murah, Ophir akhirnya bersedia melepas seluruh sahamnya di angka £55 pence per saham, atau lebih tinggi dari harga penawaran Medco sebelumnya yakni £48,50 pence.

Oleh karenanya, dengan asumsi £1 pence setara kurs Rp18.757 (Bank Indonesia), maka total nilai akuisisi Medco atas saham Ophir yang tercatat di Bursa Efek London ini mencapai £390,6 juta poundsterling atau sekitar Rp7,25 triliun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya