Jokowi Targetkan 5.200 Pasar Rakyat Terbangun pada Akhir 2019

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) berdialog dengan pedagang di sebuah kios beras ketika mengunjungi Pasar Sidoarjo, Lamongan, Jawa Timur, Senin, 19 November 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Presiden Joko Widodo mengapresiasi langkah Kementerian Perdagangan yang telah membangun 4.211 pasar rakyat baik pembangunan ataupun revitalisasi hingga akhir 2018. Selain itu juga telah dibangun pasar-pasar kecil atau pasar desa sebanyak 8.200 pasar. 

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

Artinya, kata Jokowi, perhatian Pemerintah selama empat tahun ini betul-betul kepada perbaikan fisik hingga manajemen. 

"Kita harapkan akhir 2019 akan terbangun kurang lebih 5.200 pasar rakyat yang akan kita selesaikan," kata Jokowi di BSD, Tangerang, Banten, Selasa, 12 Maret 2019.

PB KAMI Laporkan Dugaan Oknum Pejabat yang Terima Suap Pengusaha Oli dan Sparepart Palsu

Di satu sisi, Kepala Negara mengatakan, saat ini sudah mendengar keluhan bahwa pasar rakyat mulai kalah dengan perdagangan online. Untuk itu, Jokowi meminta kepada Kementerian Perdagangan agar ekosistem online di pasar-pasar rakyat juga dibangun. 

Akan tetapi, di satu sisi juga perlu memperbaiki ekosistem offline-nya, agar siap masuk ke era digital. Hal ini harus dibangun melalui peran Bupati dan Wali Kota. 

Kementerian Perdagangan dan Penegak Hukum Diminta Lebih Tegas Tangani Peredaran Oli Palsu

"Perbaiki kemasan produk-produk yang ada di pasar, baik yang berasal dari pengrajin, berasal dari nelayan, berasal dari petani, perbaiki packaging-nya,” tuturnya

Ia juga meminta kepada bupati atau wali kota agar mengalokasikan APBD untuk pengadaan mesin kemasan untuk proses packaging. Harga mesin ini, menurut Jokowi, hanya Rp200 juta. “Packaging sangat penting untuk nanti bisa masuk ke marketplace online,” ujarnya. (ase)

Ilustrasi Ekspor-Impor

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan alias Zulhas menyambut baik capaian neraca perdagangan Indonesia yang surplus selama 47 bulan berturut-turut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024